Survei LSI: Elektabilitas PDIP di Bulan April Makin Merosot

Survei LSI: Elektabilitas PDIP di Bulan April Makin Merosot
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (YouTube PDI Perjuangan)

JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil jajak pendapat mengenai elektabilitas partai politik. Hasilnya, PDI Perjuangan masih menjadi parpol yang paling banyak dipilih.

Direktur LSI Djayadi Hanan menyebut partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri itu memperoleh suara sebanyak 17,7 persen. Selanjutnya di tempat kedua ada Gerindra dengan 12,8 persen.

"Golkar 7,8 persen, PKS 7,6 persen, Demokrat 5,4 persen, PKB 4,4 persen, NasDem 4,1 persen, partai lain lebih rendah dan 30, 7 persen belum menentukan pilihannya," ujar Djayadi dalam konferensi pers, Minggu (9/4/2023).

Meski menempati posisi teratas, Djayadi menyebut PDIP menujukkan tren penurunan elektabilitas. Pada bulan Februari 2023 lalu, partai lambang banteng itu memperoleh suara 21,9 persen.

Namun, angkanya menurun jadi 19,3 persen pada Februari 2023 dan merosot lagi jadi 17,7 persen pada April 2023.

Tak hanya PDIP, Golkar dan PKB juga mengalami penurunan. Sementara, PKS menjadi yang mengalami peningkatan paling signifikan.

"Sementara, partai lain dinamikanya lebih rendah," tuturnya.

Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83 perse dari total populasi nasional. Survei diselenggarakan pada 31 Maret hingga 4 April 2023.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.229 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Berita Lainnya

Index