Belum Miliki KTP El, Masyarakat Berbondong-bondong Urus Suket

Belum Miliki KTP El, Masyarakat Berbondong-bondong Urus Suket
Ilustrasi
CELOTEHRIAU.COM - Jelang pemilu serentak 17 April mendatang, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru menyebut bahwa penerbitan Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP elektronik atau KTP el di Kota Pekanbaru mengalami peningkatan.
 
“Iya, jumlah penerbitan suket meningkat sejak awal tahun 2019. Masyarakat cukup antusias mengurus suket, bahkan jumlah pemohon suket di kantor dinas setiap harinya mencapai 150 orang,” kata Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita.

Irma menyebut bahwa penerbitan suket setiap bulannya lebih dari 2.000 lembar. Bahkan, jumlah penerbitan suket pada Januari 2019 mencapai 2.826 lembar.

“Kemudian penerbitan suket pada Februari 2019 mencapai 2.812 lembar. Bulan Maret 3.563 lembar dan April sebanyak 1.340 lembar,” ujarnya.

Sebelumnya, meski Disdukcapil Kota Pekanbaru telah mendistribusikan 35.462 ribu keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik ke masyarakat, akan tetapi masih ada sekitar 2.000 an KTP yang belum dicetak.

“Iya, jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April mendatang, 2.000 an KTP milik masyarakat Pekanbaru belum dicetak. Itu yang dilaporkan Kadisdukcapil ke saya,” kata Firdaus.

Untuk itu, Firdaus menyarankan bagi masyarakat yang belum memiliki KTP untuk tetap mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pemilu mendatang.

“Jadi bagi masyarakat yang belum mendapatkan KTP, untuk sementara gunakan Surat Keterangan (Suket). Satu suara yang kita miliki sangat berguna dan menentukan untuk lima tahun depan,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Index