Lebaran Tahun Ini Pekanbaru Bersih dari Sampah

Lebaran Tahun Ini Pekanbaru Bersih dari Sampah

PEKANBARU - Masyarakat Kota Pekanbaru merasa senang karena lebaran Idulfitri 1444 Hijriah Kota Pekanbaru lebih bersih dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Biasanya, setiap tahun di setiap lebaran, ditemui banyak sampah di Kota Pekanbaru baik di jalan protokol maupun di jalan yang lebih kecil. Namun pemandangan seperti itu tak terlihat di tahun ini, jikapun ada hanya sebentar, tak berselang lama petugas kebersihan langsung melakukan pembersihan.

Sebagaimana diketahui, selama lebaran Idulfitri 1444 Hijriah, kondisi Pekanbaru memang lebih bersih dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pantauan di jalanan tampak tim kebersihan yang selalu standby melakukan pembersihan.

"Alhamdulillah Pekanbaru lebih bersih tahun ini. Saya lihat tak banyak sampah berserakan. Itu di jalan protokol juga saya tak banyak melihat banyak sampah di jalanan Pekanbaru," ujar Yani warga Cipta Karya, Selasa (25/4/2023).

Terkait hal ini, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengapresiasi kinerja tim kebersihan yang membuat Kota Pekanbaru tetap bersih di momen lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. 

"Alhamdulillah kondisi Pekanbaru lebih bersih selama lebaran. Tentu ini sangat kita apresiasi," ujar Muflihun Selasa (25/4/2023).

Ia mengatakan pihaknya memang telah memerintahkan Dinas terkait untuk fokus melakukan pembersihan sampah selama lebaran. Dirinya tak ingin masyarakat mengeluhkan banyaknya sampah yang tidak diangkut atau sebagainya.

"Saya juga sudah salah laporan jika tim kebersihan tetap standby selama lebaran. Bahkan di malam takbir mereka juga bekerja, kemudian setelah salat Idulfitri mereka juga tetap bekerja. Kami ucapkan terimakasih kepada tim kebersihan yang sudah berjuang membuat Pekanbaru tetap bersih," Cakapnya.

Kepala DLHK Kota Pekanbaru Hendra mengatakan DLHK Kota Pekanbaru memastikan Kota Pekanbaru tetap bersih selama libur lebaran 1444 Hijriyah. Untuk itu pihaknya tetap menurunkan tim yang stanby untuk melakukan pengangkutan sampah.

"Kita terus melakukan pembersihan Pekanbaru dari sampah. Mulai dari tadi malam tim kebersihan terus bergerak hingga setelah Idulfitri tadi aksi bersih-bersih kembali diteruskan," ujar Hendra.

Disampaikan Hendra, di momen lebaran ini DLHK menyiagakan ratusan personel kebersihan. Seperti buruh penyapuan pasar 610 orang beserta mandor, kemudian Supir Dam Truk 20 orang beserta anggota Petugas sweeperroad 2 orang, Truck compactor 6 orang, Supir L300 4 orang TPA 5 orang, pengawas zona 1 &2 (16 oramg berserta koordinator). "Total kurang lebih 662 orang," Cakapnya.

Lanjut Hendra lagi, ratusan tim kebersihan ini tersebar di ruas jalan protokol dan sebagian jalan poros.

Berita Lainnya

Index