Walikota: Seluruh ASN dan Pegawai Harus Membiasakan Diri Berkantor di Tenayan Raya

Walikota: Seluruh ASN dan Pegawai Harus Membiasakan Diri Berkantor di Tenayan Raya

PEKANBARU (CELOTEHRIAU.COM) - Dihari pertama penempatan Gedung Perkantoran Walikota di Tenayan Raya, Walikota Pekanbaru, Firdaus langsung memimpin apel upacara. Tampak hadir Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Sekko Pekanbaru, M Noer dan para asisten. 

Usai memimpin apel, orang nomor satu di Pekanbaru langsung melakukan sidak ke seluruh ruangan. Selain tentunya meninjau kesiapan ruangan yang akan ditempati seluruh kepala bagian.

“Bulan April sudah maksimal berkantor disini. Jadi mana tempat yang belum rapi, cepat dirapikan agar bisa ditempati,” kata Firdaus, Senin (25/3/2019).

Firdaus menekankan kepada seluruh penanggungjawab ruangan untuk segera membersihkan dan merapikan ruangan agar pemanfaatan gedung di Tenayan Raya bisa segera dilakukan.

“Jadi setelah hari ini ditempati, maka seminggu kedepan harus bisa maksimal ditempati. Pak Sekko, tolong instruksikan seluruh kepala bagian untuk segera menggesa penempatan ruangan,” ujarnya.

Firdaus didampingi Wawako, Sekko, Asisten dan para pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru satu persatu meninjau ruangan mulai dari Sekretariat, Bappeda, BKPSDM, ruang Walikota, Wakil Walikota dan Sekko Pekanbaru.

Firdaus Ingatkan para ASN Membiasakan Berkantor di Tenayan Raya

Dalam kesempatan ini, Walikota Pekanbaru, Firdaus, terus mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di bagian Sekretariat Daerah untuk membiasakan berkantor di Komplek Perkantoran Tenayan Raya.

“Ini hari kedua penempatan gedung walikota di Tenayan Raya. Untuk itu, saya instruksikan agar kita semua bisa membiasakan melakukan kegiatan disini,” katanya.

Firdaus menambahkan, meski dirinya bersama Wakil Walikota, Sekko, para Asisten dan Sfat Ahli, sudah memiliki ruangan baru di Tenayan Raya, namun dalam rutinitasnya masih akan berada di Komplek Kantor di Jalan Sudirman. 

“Karena ada beberapa kegiatan penting atau mendesak yang tak bisa kita lakukan di Tenayan Raya. Hal ini tentunya karena masih terbatasnya fasilitas dukungan dan belum maksimalnya fasilitas disini,” ujarnya.

Meski masih terbatas secara fasilitas, Firdaus berharap agar penanggungjawab Komplek Perkantoran di Tenayan Raya bisa segera menggesa agar bisa difungsikan lebih efektif lagi.

“Kemarin setelah ditinjau kan, seluruh bagian sudah mulai beres-beres dan menata ruangan. Untuk itu, kedepan tinggal membiasakan berkantor di Komplek Perkantoran Tenayan Raya,” pungkasnya.

Tahun Ini, Pemko Tuntaskan Pembangunan Fisik 

Setelah resmi difungsikan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan kembali menyelesaikan fisik bangunan khususnya lantai 7 gedung Komplek perkantoran Walikota Pekanbaru di Jalan Badak, Tenayan Raya. 

“Jadi selain menyelesaikan fisik pembangunan Aula, ditempat yang sama, saya minta ruang pusat kebugaran di lantai 7 untuk segera diselesaikan tahun ini,” kata Walikota Pekanbaru, Firdaus.

Firdaus menyebutkan, untuk menuntaskan dua ruangan baik Aula dan Pusat Kebugaran di Komplek Perkantoran, pihaknya telah menginstruksikan dinas terkait yakni Dinas PUPR Kota Pekanbaru untuk segera melakukan lelang.

“Untuk dua ruangan ini, saya minta segara dilelangkan sesuai dengan kemampuan keuangan. Semua bertahap kita selesaikan, meskipun kita pun sesuaikan mana yang menjadi prioritas,” katanya lagi.

Saat disinggung berapa anggaran yang akan digelontorkan untuk menuntaskan ruangan di lantai 7 tersebut khususnya Aula dan Pusat Kebugaran? Firdaus hanya menjawab singkat.

“Untuk anggaran jangan ke saya. Itu tanya ke Pak Sekda lah. Kalau saya teknis saja,” pungkasnya. 

BPKAD Masih Berkantor Di Jalan Sudirman

Minimnya anggaran Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru membuat belum seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di Jalan Sudirman, pindah ke Tenayan Raya.

Meski sejauh ini baru Bagian Sekretariat Daerah, namun akan dikembangkannya Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru membuat Kantor Bappeda, BKPSDM dan BPKAD Kota Pekanbaru pun berangsur pindah ke Tenayan Raya.

“Untuk tahun ini, Bappeda dan BKPSDM Kota Pekanbaru sudah berangsur pindah ke Tenayan Raya. Karena untuk dua OPD ini sudah disiapkan ruangannya di Tenayan Raya,” ujar Wako.

Firdaus menyebutkan, sementara untuk Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru direncanakan akan mulai berangsur pindah di tahun 2020 mendatang.

“Untuk BPKAD Pekanbaru nanti akan menempati satu diantara empat gedung yang sampai saat ini masih dituntaskan fisiknya. Akhir tahun ini kita anggarkan meubeler nya, agar tahun depan sudah bisa ditempati,” tegasnya.

Dilanjutkan Walikota, penggunaan gedung yang dibangun dengan kontrak multiyears tersebut akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Hal ini dikarenakan Firdaus-Ayat, tidak ingin lagi ada Tunda Bayar (TB) kegiatan di tahun 2019. 

“Makanya kami sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Semua bertahap dan disesuaikan. Tak bisa dipaksakan semuanya. Yang jelas mana yang sudah selesai fisiknya, ya tinggal ditempati,” ujarnya.

Sekedar informasi, Komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya ini sudah mulai difungsikan dan ditempati para ASN dan Staf. Bahkan, belum lama ini Walikota, Wakil Walikota dan Sekko Pekanbaru meninjau ruangan satu persatu mulai dari lantai dasar hingga paling atas. 

Untuk lantai dasar sendiri gedung tersebut akan ditempati BPKSDM Pekanbaru, lantai 2 ditempati Bagian Umum dan Perlengkapan, Lantai 3 Kantor Bappeda dan Kepala Bagian, Lantai 4 Kantor Diskominfo, Lantai 5 Kantor Sekko, Asisten dan Staf Ahli, Lantai 6 Kantor Wako dan Wawako, Lantai 7 Aula dan Pusat Kebugaran dan Lantai 8 Ruang Rapat dan Taman Terbuka. (ADVERTORIAL)

Berita Lainnya

Index