H+2 Lebaran, 33 Ribu Kendaraan Lintasi 2 Jalan Tol di Riau

H+2 Lebaran, 33 Ribu Kendaraan Lintasi 2 Jalan Tol di Riau

PEKANBARU - Arus balik Lebaran di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) dan Pekanbaru-Bangkinang (Pekbang) dalam dua hari terakhir alami peningkatan.

"Untuk arus balik, mulai ada peningkatan lalulintas dalam 2 hari terakhir di ruas Pekanbaru-Dumai dan Pekanbaru-Bangkinang," kata Branch Manager Ruas Tol Permai dan Pekbang, Jarot Seno Wibawa, Rabu (26/4/2023).

Meski terjadi peningkatan, lanjut Jarot, namun belum ada lonjakan yang signifikan. Hal itu dilihat dengan kondisi layanan transaksi maupun fasilitas top up masih mampu mengatasi kenaikan pengguna jalan, dan berjalan lancar. 

"Kita antisipasi adanya lonjakan pengguna jalan di akhir masa libur bersama, dengan merubah komposisi pintu tol. Dimana komposisi dari 3 entrance dan 3 exit, menjadi 2 entrance dan 4 exit untuk melayani kenaikan lalulintas keluar dari Gerbang Tol Pekanbaru, dengan bantuan Mobile Reader untuk transaksi pengguna jalan di gardu tambahan," terangnya. 

Lebih lanjut Jarot menyampaikan peningkatan arus lalulintas di jalan tol Permai. Dimana per jamnya relatif merata dari jam ke jam, namun pengguna lebih banyak melintas di waktu siang/malam hari. Sementara pengguna ruas tol Pekbang lebih banyak melintas di malam hari. 

"Di 2 hari terakhir lebih dari 22 ribu kendaraan melintas di ruas tol Permai dalam sehari, jauh di atas lalulintas normal 8 ribu kendaraan per hari. Sementara di ruas tol Pekbang lebih 11 ribu kendaraan per hari, diatas lalulintas normal 4 ribuan kendaraan melintas dalam sehari," tutupnya.

Berita Lainnya

Index