BPBD Belum Tahu Penyebab Kebakaran Hutan Riau

BPBD Belum Tahu Penyebab Kebakaran Hutan Riau

PEKANBARU - Sejak beberapa hari terakhir, kebakaran hebat yang terjadi di Dumai dan Bengkalis terus diusahakan petugas gabungan untuk dipadamkan.

Meski demikian, penyebab dari kebakaram hutan dan lahan tersebut, sampai saat ini masih belum terungkap, apakah dibakar atau terbakar. Apakah lahan milik perusahaan atau perorangan.

Kabid Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur mengatakan, bahwa saat ini masih dalam proses penyelidikan oleh pihak berwenang. Pihaknya yang jelas terus berupaya agar api padam.

"Masih belum tahu, lagi proses penyelidikan," kata Jim Gafur.

Untuk diketahui, hari ini, Rabu (26/4/2023), Gubernur Riau Syamsuar bertolak ke Dumai untuk melihat langsung kebakaran yang terjadi.

Sebelumnya, Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal juga telah mengunjungi lokasi kejadian untuk langsung melakukan pemadaman dan pihaknya juga tengah melakukan penyelidikan.

"Saya telah memerintahkan Ditreskrimsus untuk mengungkap kasus ini dan memburu pelaku pembakaran lahan ini," kata Iqbal, Selasa (25/4/2023).

Selain upaya pemadaman, Polda Riau juga mengambil langkah dengan melakukan penyelidikan, dengan menurunkan tim dari Direktorat Reskrimsus.

"Sebab itu saya bawa Direktur Reskrimsus, saya perintahkan selidiki, tindak tegas dan proses hukum," cakapnya.

Untuk diketahui, lokasi yang terbakar merupakan lahan gambut dengan kedalaman sekitar enam meter sehingga proses pemadamannya membutuhkan waktu.

Di sana, ada sekitar 50 hektare hamparan gambut yang terbakar, di mana memicu terjadinya asap dan sulit untuk dipadamkan. Namun Irjen Iqbal meyakinkan, situasi terkini di lokasi Karhutla sudah dapat diatasi dan dalam proses pendinginan.

Berita Lainnya

Index