Api Berhasil Dipadamkan, Petugas Fokus Lakukan Pendinginan Lokasi Karhutla di Dumai

Api Berhasil Dipadamkan, Petugas Fokus Lakukan Pendinginan Lokasi Karhutla di Dumai
Ilustrasi

PEKANBARU - Hingga saat ini satuan tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau masih standby di lokasi kebakaran Pelintung, Kota Dumai. 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal mengatakan, saat ini kebakaran di Dumai sudah berhasil dipadamkan. Hanya saja petugas masih bersiaga di lokasi karena masih ada asap dari bawah gambut. 

"Kondisi terkini kebakaran di Dumai api besar tidak ada lagi, sudah padam. Tapi asap masih ada," kata Edy Afrizal, Jumat (28/4/2023).

Edy Afrizal menyampaikan, pihaknya saat ini tengah melakukan pendinginan lahan yang terbakar di Dumai tersebut, agar api tidak hidup lagi. 

"Sekarang kita lagi lakukan upaya pendingin dan pemblokiran pakai sekat kanal menggunakan alat berat. TMC juga sudah kita lakukan. Alhamdulillah tadi malam di lokasi kebakaran sudah diguyur hujan," sebutnya.

Edy Afrizal menyatakan, sedikitnya kebakaran di Dumai meludeskan lahan gambut seluas 60 hektare. Kebakaran di Pelintung Dumai terjadi sejak sebelum Lebaran 2023. 

"Mudah-mudahan besok sudah tidak ada asap lagi. Mohon doanya di lokasi kebakaran ada hujan lagi, karena di Kota Dumai saat ini sudah hujan," tukasnya.

Berita Lainnya

Index