Kapolda Riau Lepas 827 Pemudik Balik Gratis ke Sumbar dan Sumut

Kapolda Riau Lepas 827 Pemudik Balik Gratis ke Sumbar dan Sumut

PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, secara simbolis melepas 827 orang pemudik balik Lebaran ke Sumatra Barat (Sumbar) dan Sumatra Utara (Sumut). Para pemudik itu berangkat dari seluruh daerah di Provinsi Riau dengan menggunakan 24 unit bus, Sabtu (29/4/2023).

Pelepasan balik gratis ini dilakukan di halaman Markas Polda Riau. Dari Polda Riau dan Polresta Pekanbaru ada 120 orang pemudik yang balik ke dua daerah tersebut dengan menggunakan 4 unit bus yang telah disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda Riau.

Pelepasan juga serantak dilakukan di seluruh jajaran Polda Riau. Langkah ini untuk memaksimalkan pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat.

"Kita terus memaksimalkan pelayanan, pengayoman terhadap masyarakat. Alhamdulillah, sukses pada mudik gratis, hari ini di seluruh Indonesia, bukan hanya jajaran Riau saja melakukan balik gratis," ujar Iqbal.

Pemudik yang balik gratis, kata Iqbal, diantar ke tempat asalnya. "Dikawal sampai tujuan, diakomodasi, dan ada snack (makanan ringan, red) di dalam (bus). Kita jalin komunikasi dengan masyarakat," tutur Iqbal.

Pelaksanaan mudik dan balik gratis tidak hanya membantu meringankan masyarakat yang ingin melihat kampung halaman tapi juga mengantisipasi terjadinya kecelakaam dan tindak kriminalitas selama di perjalanan.

"Kalau mereka sendiri-sendiri saja (balik kampung, red) tentu rawan kecelakaan, rawan juga gangguan keamanan. Kalau kita akomodasikan, kita jamin keamanan, kita kawal dan juga kenyamanan dalam perjalaman," tutur Iqbal.

Dipilihnya Sumatra Barat dan Sumatra Utara sebagai tujuan mudik dan balik gratis karena banyak pemudik yang pulang ke dua daerah itu. "Paling banyak pemudik dari Sumatra Barat dan Sumatra Utara," kata Iqbal.

Berita Lainnya

Index