Muflihun Diprediksi Calon Kuat Pj Walikota Pekanbaru, Kamsol Kabarnya 'Digeser', dan Ini Gantinya

Muflihun Diprediksi Calon Kuat Pj Walikota Pekanbaru, Kamsol Kabarnya 'Digeser', dan Ini Gantinya
Ilustrasi

PEKANBARU - Dalam waktu dekat, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) segera mengumumkan calon Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru dan Pj Bupati Kampar.

Penetapan calon Pj dua kepala daerah itu setelah tiga nama calon usulan oleh Pemprov Riau, DPRD Pekanbaru dan Kampar yang diajukan ke Tim Penilai Akhir (TPA). 

Untuk tiga nama calon Pj Walikota Pekanbaru yang diusulkan ke TPA adalah Muflihun (Sekwan DPRD Riau), M Taufik OH (Kepala Disperindagkop UKM Riau), dan Boby Rahmat (Kepala Dispora Riau). Dari tiga nama itu, informasi sementara, disebut-sebut calon Pj Pekanbaru terkuat masih Muflihun. 

Sedangkan untuk Pj Bupati Kampar yang diusulkan ke TPA diantaranya, Kamsol (Kadisdik Riau), Tengku Fauzan (Staf Ahli Gubernur Riau), dan Muhammad Firdaus (Karo Pemerintahan Setdaprov Riau).

Untuk calon Pj Bupati Kampar terkuat berdasarkan informasi yang dihimpun CAKAPLAH.com adalah Muhammad Firdaus. Ia diisukan bakal menggantikan posisi Kamsol sebagai Pj Bupati Kampar.

Namun, itu baru sebatas prediksi. Saat dikonfirmasi kepada Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Muhammad Firdaus, terkait nama Pj Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar, ia mengaku tidak mengetahui pasti calon Pj kedua kepala daerah itu. 

"Untuk itu saya belum mendapat informasi. Karena kan belum keluar hasilnya (SK Pj Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar). Kami juga masih menunggu itu ," kata Firdaus, Kamis (4/5/2023). 

Firdaus mengatakan, biasanya pihak Kemendagri akan menyampaikan SK penunjukan Pj kepala daerah menjelang habisnya masa jabatan Pj setelah dievaluasi selama satu tahun.

"Jabatan Pj Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar ini kan dievaluasi sekali setahun. Masa jabatan mereka kalau sesuai masa pelantikannya itu tanggal 23 Mei. Biasanya keluar sebelum itu SK-nya," tukasnya.

Berita Lainnya

Index