Pasukan Kuning Dikerahkan Untuk Bersihkan Drainase dan Parit

Pasukan Kuning Dikerahkan Untuk Bersihkan Drainase dan Parit

CELOTEHRIAU.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru melakukan operasi saluran drainase dibeberapa titik di Kota Pekanbaru, seperti halnya di Jalan Garuda Sakti, Panam. Langkah yang dilakukan Dinas PUPR ini untuk mencegah meluasnya banjir di Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, mengatakan sebagai antisipasi banjir datang, pihaknya secara rutin menurunkan personil ke lapangan membersihkan drainase dan parit yang tersumbat air.

“Setiap hari kita kerahkan personil ke lapangan untuk membersihkan sampah yang di dalam parit. Hal itu dilakukan agar aliran air menjadi lancar dan tidak tersumbat. Sehinga jika hujan tiba tidak ada banjir di kawasan yang padat penduduk,” katanya.

Indra menambahkan, ada dua tim untuk melakukan operasi pemelihara (OP) selama intensitas hujan tinggi. Diantaranya tim Bina Marga dan tim Sumber Daya Air (SDA). “Kelompok ini kita bagi di daerah yang rawan akan genangan air untuk membersihkan aliran anak sungai. Untuk itu, kami mengajak masyarakat menjaga lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan,” ujarnya.

Dilanjutkannya, dari beberapa wilayah, daerah yang paling rawan genangan air diantaranya Jalan Arifin Achmad, Jalan Soekarno Hatta, Jalan HR Soebrantas dan pasar bawah. “Nah Daerah tersebut menjadi prioritas kita dalam penangan dan antisipasi,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada para pedagang maupun masyarakat hendaknya tidak membuang sampah keparit. Karena hal ini bisa menyumbat air mengalir jika hujan turun.

“Kita juga meminta partisipasi masyarakat untuk tidak membuang sampah keparit, karena hal ini bisa mengakibatkan banjir. Jika parit tersumbat, maka bisa menyebarkan penyakit. Untuk itu, buanglah sampah pada tempatnya,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Index