KPU Riau Mulai Verifikasi Kelengkapan Dokumen 29 Balon DPD RI dan 18 Parpol

KPU Riau Mulai Verifikasi Kelengkapan Dokumen 29 Balon DPD RI dan 18 Parpol
Ilustrasi

PEKANBARU - Jadwal pendaftaran bakal calon (Balon) Anggota DPD RI dan DPRD ke KPU sudah habis. Mulai hari ini, KPU Riau melakukan verifikasi dokumen pendaftaran yang telah diserahkan para peserta Pemilu.

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir mengatakan, telah menerima pendaftaran 29 Balon anggota DPD RI dan pendaftaran dari Balon Anggota DPRD dari 18 partai politik untuk mengikuti Pemilu 2024.

“Di hari terakhir dari rentang 14 hari masa pendaftaran yang dimulai dari tanggal 1 Mei 2023 tersebut tercatat semua Bacalon anggota DPD yang telah memenuhi syarat dukungan minimal pemilih yaitu 29 orang menyampaikan dokumen pendaftaran ke KPU Riau,” ungkap Ilham, Senin (15/05/2023).

Ilham juga menyebut, seluruh partai politik peserta Pemilu 2024 di Provinsi Riau juga menyampaikan dokumen pendaftaran Bacalon anggota DPRD. Hingga ditutup, Ahad malam pukul 23.59 Wib seluruh partai politik sudah mendaftarkan kader-kadernya.

“Alhamdulillah menjelang detik-detik penutupan penerimaan pendaftaran, 18 partai politik tingkat Provinsi Riau menyampaikan dokumen pendaftaran Bacalonnya ke KPU Riau. Total Bacalon dari 18 partai politik untuk DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Riau berjumlah 1123 Bacalon,” kata Ilham.

Ia menambahkan, pada hari ke-14 atau hari terakhir, KPU Riau menerima pendaftaran dari satu Balon DPD atas nama Rizaldi Putra dan sembilan partai politik yaitu PBB, Partai Ummat, Partai Hanura, Partai Golkar, PKN, PSI, Partai Garuda, Partai Buruh, dan Partai Gelora.

KPU Riau akan melakukan verifikasi administrasi terhadap pendaftaran Bacalon anggota DPD dan Bacalon anggota DPRD mulai tanggal 15 Mei hingga 23 Juni 2023. Verifikasi ini untuk mengecek kelengkapan dokumen dan persyaratan yang diajukan oleh para Bacalon DPD dan partai politik.

"Kami menyambut baik antusiasme yang ditunjukkan oleh Bacalon anggota DPD dan Bacalon anggota DPRD yang telah mendaftar. Kami akan melakukan verifikasi yang cermat untuk memastikan bahwa Bacalon anggota DPD dan partai politik yang terdaftar memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Kami mengajak masyarakat untuk terus memantau proses tahapan ini," papar Ilham.

Berita Lainnya

Index