Pemda Pelalawan Bangun Kerjasama dengan UNY

Pemda Pelalawan Bangun Kerjasama dengan UNY

(CELOTEHRIAU)- Pemerintah daerah kabupaten Pelalawan membangun kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU dan diskusi 
di Ballroom 1 Hotel UNY, Kamis (25/5/2023).

Hadir dalam pertemuan ini bupati kabupaten Pelalawan, H Zukri Misran, Kajari Muhammad Nasir, SH, MH, Ketua PN Pelalawan Benny Arisandi, SH, MH, Ketua DPRD Baharudin.

Ikut juga bersama rombongan mendampingi bupati Pelalawan, sejumlah kepala OPD dilingkup Pemda Pelalawan antara lain, Kadisdik dan Kebudayaan Abu Bakar, FE, Kepala DPM-PTSP Budi Surlani, Kaban PKAD Devitson, Kadis DLH Eko Novitra, Kadisperindag Hanafi, Kadisbun Akhtar, Kadistan Pangan Zulkifli, Kadiskes Asril, M.Kes termasuk 12 camat se-kabupaten Pelalawan.

Dilain pihak, civitas akademika UNY dihadiri langsung Rektor UNY Prof.Dr. Sumaryanto, M.Kes. AIFO didampingi 
Rektor senior Prof. Suyanto, M.Ed. Ph .D, para dekan dilingup UNY.

Dalam pemaparannya, bupati Pelalawan menyampaikan bahwa saat ini Pemda Pelalawan sedang berupaya bakal mengembangkan budidaya daun kelor di kabupaten Pelalawan, daun ajaib salah satu tanaman yang mengandung banyak nutrisi, hanya kebanyakan orang Indonesia menyebutkan tanaman ini adalah tanaman makanan untuk 'wong kere', orang miskin.

Sering juga kata bupati kelor dihubung-hubungkan banyak mistiknya, penghalau jin, masih kental dengan pembuang susuk susuk. Tapi sesungguhnya kata dia itu hanya sebuah mitos, sehingga orang takut untuk memakannya.

Padahal kata dia, anak Indonesia butuh sayur kelor, dunia pendidikan butuh sayur kelor, sehingga kecerdasan akan meningkat. "Ternyata baru-baru ini seorang anak Indonesia dari NTT, juara lomba matematika tingkat internasional dia mengaku salah satu kunci cerdas dan pintar salah satunya banyak makan sayur kelor," ungkapnya.

Mengingat banyak kandungan gizi yang dimiliki daun kelor sebut bupati Zukri  perlu menjadi bahan diskusi bahkan menjadi masukan memperbaiki kurikulum nasional. "Karena kita masih mengatakan sumber vitamin A adalah wortel dan sumber vitamin C adalah jeruk, tapi kelor adalah sumber vitamin C dan A dan dia memiliki kandungan asam amino. Esensial. Saya pikir saya harus mengkampanyekan ini bukan untuk Pelalawan akan tetapi untuk bangsa ini," ungkapnya.

Dengan dilakukan penandatanganan MOU tersebut bupati Zukri berharap agar bisa mengantarkan Kabupaten Pelalawan lebih baik dan SDMnya semakin maju. Karena memang merupakan visi dan misi kabupaten Pelalawan. Dengan SDM maju kata bupati Zukri tentu bisa mengelola kabupaten lebih maju.

Apalagi saat ini Pemda Pelalawan kata bupati Zukri  menyiapkan beasiswa selain bagi mahasiswa berprestasi juga menyiapkan beasiswa untuk anak-anak miskin serta anak yatim dijamin oleh pemerintah. "Nah dengan MoU ini kami berharap UMY memberikan quota khusus bagi mahasiswa Kabupaten Pelalawan berkuliah disini," harapnya.***(adv)

Berita Lainnya

Index