PAN Usulkan Nama Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo, Begini Respons Cak Imin

PAN Usulkan Nama Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo, Begini Respons Cak Imin
Cak Imin. ©2023 Merdeka.com

JAKARTA - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan Partai Amanat Nasional (PAN) belum menyampaikan terkait usulan nama cawapres Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Dikabarkan, PAN mendorong Erick Thohir sebagai pendamping Prabowo di Pilpres 2024.

"Sampai hari ini belum pernah disampaikan ke kita (lobby PAN usulkan Erick)," kata Cak Imin, saat konferensi pers, di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (15/6).

Bahkan, kata Cak Imin, partai lain seperti Partai Golkar yang disebut akan bergabung dengan PKB dan Gerindra pun juga belum mengusulkan nama-nama cawapres Prabowo.

"Belum, soal cawapres partai yang mau bergabung belum mengajukan," ujarnya.

Dia menegaskan, hingga saat ini penentuan capres dan cawapres masih berpatokan dengan piagam kerja sama yang telah disepakati PKB dan Gerindra.

"Soal pasangan tentu tergantung saya rapat dengan Pak Prabowo yang itu dalam proses yang nanti akhirnya akan kita sampaikan ke publik," imbuh dia.

Sebelumnya, Wasekjen DPP PAN Fikri Yasin mengakui jika partainya tengah berkomunikasi secara intens dengan Partai Golkar, Gerindra, dan PKB untuk memantapkan terbentuknya koalisi permanen.

Selain memantapkan koalisi, komunikasi itu juga membahas terkait capres dan cawapres yang akan diusung. Dia menyebut, untuk sosok capres paling potensial yakni Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Sekarang ini kita sedang memantapkan koalisi 4 partai yaitu PAN, Gerindra, Golkar dan PKB. dari ke 4 partai ini yang paling berpeluang menjadi capres ya Prabowo Subianto," kata Fikri, saat dikonfirmasi, Kamis (15/6).

"Sudah beberapa kali putaran pertemuan unt memantapkan koalisi itu. Dalam diskusi ya dibicarakan semua yang menyangkut kepentingan koalisi," tambahnya.

Terkait sosok cawapres, dia mengungkapkan masing-masing partai mengajukan nama-nama tersendiri. Salah satunya, PAN mengusulkan agar Menteri BUMN Erick Thohir sebagai cawapres Prabowo.

"Ya salah satu tawaran kita cawapresnya yaitu Erick Thohir," ungkap dia.

Berita Lainnya

Index