Pj Walikota akan Temui Mendag Bahas Pembangunan Pasar Cik Puan

Pj Walikota akan Temui Mendag Bahas Pembangunan Pasar Cik Puan

PEKANBARU  - Dalam waktu dekat Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun akan menemui Menteri Perdagangan untuk membicarakan soal pembangunan Pasar Cik Puan yang hingga kini masih terbengkalai.

Direncanakan jika tak ada aral melintang pertemuan akan dilakukan pekan depan.

"Minggu depan saya berencana menghadap Pak Menteri Perdagangan. Kita mau mencoba membicarakan lebih lanjut terkait dengan pembangunan Pasar Cik Puan," ujar Muflihun Jumat (16/6/2023).

Ia mengatakan belum lama ini bahkan tim dari Kementerian PUPR sudah melakukan survei di lokasi Pasar Cik Puan.

"Kemarin sudah datang tim survei dari PUPR Kementerian. Kita udah ada mensurvei ke Pasar Cik puan," cakapnya.

Sebagaimana diketahui, untuk melanjutkan pembangunan Pasar Cik Puan, Pemko Pekanbaru memang membutuhkan anggaran yang sangat besar yakni sekitar Rp79 miliar.

Dengan kondisi keuangan daerah yang tidak memungkinkan, Pemko Pekanbaru berupaya agar pasar tersebut dibangun menggunakan APBN.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah meminta bantuan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam pembangunan Pasar Cik Puan yang terkendala.

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun usai mendampingi Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan ke Pasar Cik Puan, Senin (26/9/2022) mengatakan untuk pembangunan Pasar Cik Puan ini pihaknya memang terkendala anggaran.

"Jadi hari ini Pak Menteri melihat pasar kita yaitu Pasar Cik Puan yang mana hingga kini masih terkendala dalam pembangunannya," ujar Muflihun, Senin (26/9/2022).

Ia mengatakan Pemko Pekanbaru melalui APBD juga tidak mampu untuk membangun Pasar Cik Puan. "Untuk itu kita coba minta bantu dari APBN melalui menteri perdagangan," cakapnya.

Disampaikan Muflihun, namun semua ini butuh kajian dan tak segampang yang dipikirkan.

"Artinya untuk uang sendiri itu kurang lebih Rp79 miliar untuk membangun itu. Kita tidak tahu ya apakah nanti ini akan sekali, dua kali atau tiga kali APBN. Tapi kita upayakan supaya pedagang nanti bisa menempati pasar yang telah kita bangun nantinya," sebutnya.

Berita Lainnya

Index