PPDB segera Dimulai

Inspektorat Ingatkan Kepsek hingga Guru di Pekanbaru Tak Pungli

Inspektorat Ingatkan Kepsek hingga Guru di Pekanbaru Tak Pungli
Ilustrasi

PEKANBARU - Tak lama lagi rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP Negeri di Kota Pekanbaru akan bergulir. Kepala Sekolah (Kepsek) dan guru diingatkan jangan sampai terlibat dalam praktek pungutan liar (pungli).

Hal ini disampaikan Inspektur Inspektorat Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang, Minggu (19/6/2023). Ia menyebut, sarana pendidikan menjadi salah satu sasaran saber pungli. Maka Tim Saber Pungli Pekanbaru pun mengingatkan agar tidak ada pungutan liar dalam PPDB di seluruh sekolah.

"Kita mengingatkan supaya jangan terjadi kegiatan yang bisa membuat rekan-rekan ini menjadi sasaran tim saber pungli," ujar Iwan, Minggu (19/6/2023).

Ia mengatakan, tim saber pungli akan mengingatkan agar para sekolah agar bisa menjalani tugas pokok dan fungsi sesuai ketentuan yang ada. Mereka harus mengikuti ketentuan yang harus diikuti dalam pelaksanaan PPDB.

"Seluruh kepala sekolah mesti mengikuti aturan dari Kemendikbud Ristek dan dinas pendidikan. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan PPDB bisa berjalan dengan baik," Cakapnya.

Sebelumnya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun juga telah menegaskan akan memecat kepala sekolah (Kepsek) dan pihak-pihak terkait yang melakukan pungutan liar (Pungli) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

"Kita tak ingin lagi ada pungli di tiap-tiap sekolah. Silahkan nanti masyarakat atau teman-teman dari LSM, wartawan, kalau memang ada yang masih pungli, ada kepala sekolah yang pungli, akan langsung saya ganti, saya rolling, saya mutasikan," ujar Muflihun, Senin (29/5/2023).

Ia mengatakan pendidikan adalah pelayanan dasar yang harus dipenuhi. Keberhasilan kota ini salah satu nya memenuhi pelayanan dasar baik itu pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

"Jadi kami harapkan nanti bantu pemko Pekanbaru. Kalau ada pungli di sekolah, laporkan, kita akan beri sanksi tegas kepada kepala sekolahnya," tegasnya.

Dikatakan Muflihun, dirinya juga sudah mengagendakan untuk rapat bersama seluruh kepala sekolah baik SD maupun SMP.

"Sekali lagi saya sampaikan, saya ingin hari ini tidak ada lagi pungli di sekolah," ungkapnya.

Sebagai informasi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru sudah menetapkan tanggal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 digelar pada tanggal 26 Juni mendatang.

PPDB ini dilakukan secara serentak mulai dari SD hingga SMP yang ada di Kota Pekanbaru.

Berita Lainnya

Index