Pemprov Riau Perbaiki Ruas Jalan Menuju Pelabuhan Penyeberangan Pulau Tebing Tinggi

Pemprov Riau Perbaiki Ruas Jalan Menuju Pelabuhan Penyeberangan Pulau Tebing Tinggi

PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau melalui UPT Jalan dan Jembatan Wilayah III telah melakukan penanganan pemeliharaan ruas jalan Selatpanjang - Alai - KP Balak, Desa Mekong, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Ruas jalan tersebut sebelum sering tergenang air saat air laut pasang. Saat ini ruas itu sudah fungsional sebagaimana mestinya sesuai yang diharapkan masyarakat. 

"Alhamdulillah ruas jalan Selatpanjang - Kampung Balak, Desa Mekong, Kepulauan Meranti sudah kita perbaiki," kata Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, M Arief Setiawan , Ahad (18/6/2023).

Dijelaskan dia, ruas jalan tersebut merupakan urat nadi dan salah satu jalan penghubung dari desa-desa yang ada di Pulau Merbau menuju Kota Selatpanjang yang merupakan ibukota Kabupaten Kepulauan Meranti, serta desa-desa yang ada di pulau Tebing Tinggi. 

Lebih lanjut disampaikan, ruas tersebut adalah jalan akses menuju pelabuhan penyeberangan yang terletak di Pulau Tebing Tinggi. Pelabuhan ini terletak di Sungai Ringgit yang memisahkan Pulau Tebing Tinggi dan Pulau Merbau. 

"Kondisinya kalau air pasang tinggi, maka jalan menuju pelabuhan penyeberangan itu akan terendam oleh air laut sepanjang lebih kurang 400 meter, yang mengakibatkan terputuslah akses jalan dari dan ke Selatpanjang menuju desa-desa yang ada di Pulau Merbau," terangnya. 

Menurutnya, jika kondisi tersebut terjadi maka dampaknya semua biaya akan menjadi tinggi, dikarenakan masyarakat pengguna jalan diharuskan menambah biaya sampan atau rakit untuk menyeberang. 

"Pada tahun anggaran 2023 melalui UPT Jalan dan Jembatan III, Dinas PUPR-PKPP Riau telah melakukan penangan pada ruas jalan ini. Dengan menambah tinggikan badan jalan lebih kurang 50 - 60 centi meter dari level permukaan existing, dengan menggunakan geotextile sebagai alas permukaan badan jalan," jelasnya. 

"Setelah penangan ini selesai, harapannya apabila terjadi pasang tinggi pada titik ruas jalan ini, badan jalannya tidak tergenang. Sehingga mempermudah semua masyarakat pengguna jalan untuk lewat dari dan ke Selatpanjang menuju Pulau Merbau," tukasnya.

Berita Lainnya

Index