Apresiasi Donor Darah PSMTI dan FPK

PMI: Sebulan Pekanbaru Butuh 6.000 Kantong Darah

PMI: Sebulan Pekanbaru Butuh 6.000 Kantong Darah

PEKANBARU - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru mengapresiasi kegiatan donor darah yang digelar Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau bersama dengan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Mal Pekanbaru yang digelar selama dua hari 17-18 Juni 2023 di Atrium Mal Pekanbaru.

"Jadi kita berterimakasih kepada FPK dan juga kepada PSMTI yang memang secara rutin kawan-kawan ini melaksanakan kegiatan bakti sosial salah satunya donor darah," ujar Ketua PMI Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Ahad (18/6/2023).

Ia mengatakan nantinya darah yang didapatkan dari kegiatan ini akan disalurkan ke rumah sakit. 

"Kembali saya sampaikan kebutuhan darah di Pekanbaru itu 1 bulan 6 ribu kantong, jadi dalam sehari kita harus mencari 200 kantong. Untuk itu kita mendukung setiap kegiatan daripada paguyuban termasuk dari PSMTI dan FPK ini," Cakapnya.

Ia mengatakan bagi organisasi ataupun paguyuban lain yang ingin melakukan kegiatan serupa, PMI akan membantu secara gratis.

"Silahkan paguyuban atau organisasi yang menyiapkan tempat dan orangnya, yang lain-lain kami dari PMI Kota Pekanbaru," sebutnya.

Lanjut Jamal, kebutuhan darah di Kota Pekanbaru saat ini bisa dikatakan meningkat. Rata-rata itu 200 kantong sehari. 

"Kalau tidak dapat segitu, kita akan butuh darah pengganti. Tapi melalui donor darah seperti sekarang insya Allah kami bertekad memberi pelayanan. Asal ada stok kita langsung beri tanpa pengganti, jadi kalau kurang baru pengganti kita minta," ucapnya.

Ketua Panitia donor darah Widodo mengatakan dari hari pertama antusias masyarakat memang sangat tinggi. Dari 440 yang datang, pihaknya berhasil mendapatkan 425 kantong darah.

"Artinya dari target kita 350 di hari pertama itu melampaui target karena kita dapat 425 kantong darah. Luar biasa antusias masyarakat. Kemarin kita langsung menutup jam 3 dan mengarahkan untuk datang hari ini. Hari ini Kamis lihat antusias juga masih sangat tinggi," terangnya.

"Dan kami juga menyiapkan doorprize untuk pendonor. Doorprize terbesar itu kulkas," imbuhnya.

Disampaikan Widodo, kegiatan donor darah dengan PSMTI dan Mal Pekanbaru ini adalah dalam rangka pembauran. "Artinya kita menghadapi tahun politik harus menyatakan kami damai dan kami sedang mempunyai misi sosial membantu masyarakat yang membutuhkan darah," terangnya.

Salah seorang pendonor yang berhasil mendapatkan doorprize kulkas Santi mengaku sangat senang, terlebih ini adalah pertama kali dirinya mendonorkan darahnya.

"Ini pertama kali saya donor darah, saya takut jarum. Saya mencoba memberanikan diri dan ternyata dapat doorprize. Mudah-mudahan darah yang saya donorkan ini bermanfaat untuk teman dan juga bisa menjadi motivasi untuk temen yang takut donor, bahwa saya katakan ini tidak sakit," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index