25 Perpustakaan SMA di Riau dapat Dukungan Pelatihan

25 Perpustakaan SMA di Riau dapat Dukungan Pelatihan

PEKANBARU - Universitas Lancang Kuning Riau (UNILAK) sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Riau berkomitmen untuk berperan dalam memajukan dunia pendidikan. Upaya yang dilakukan satu di antaranya dengan memberikan dukungan perpustakaan sekolah kepada lebih dari 25 sekolah swasta yang tersebar di Riau.

Wujud bantuan dengan melakukan penandatangan kerja sama antara Rektor Unilak dengan Kepala Sekolah SMA Swasta di Riau. Kemudian, dilanjutkan dengan MoA antara Kepala Perpustakaan Unilak Adira Latvia dengan sejumlah Kepala Sekolah. Kegiatan juga diisi dengan pelatihan pustakawan dan workhsop pengelolaan perpustakaan sekolah berbasis outomasi. 

Pelaksanaan kegiatan bekerja sama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA swasta (MKKS) yang diadakan di aula gedung Pustaka Unilak, yang dibuka oleh Rektor Unilak Prof Dr Junaidi SS, MHum, Rabu, (21/06/2023).

Kerja sama ini bertujuan mempercepat proses digitalisasi dan outomasi perpustakaan sekolah swasta. Prof Junaidi dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kepala Sekolah yang hadir untuk melakukan MoU sebagai bukti komitemen tinggi untuk memajukan perpustakaan sekolahnya masing masing.

" Perlu di ketahui saat ini Unilak satu satunya perguruan tinggi di Riau yang memiliki Prodi Ilmu Perpustakaan, dan perpustakaan Unilak telah berakreditasi A yang sejak lama telah menerapkan sistem digitalisasi dan Outomasi, dan layanannya dapat diakses dari mana saja, tentunya dengan kemajuan tadi Unilak ingin juga memberikan dukungan kepada sekolah sekolah swasta di Riau agar perpustakaan sekolah juga semakin maju dan berkembang," ucap Prof Junaidi.

Dijelaskan Prof Junaidi, percepatan program digitalisasi dan outamasi ini sejalan dengan program pemerintah Provini Riau, dan pusat untuk memperkuat literasi dan layanan yang berbasis digital bagi siswa, masyarakat.

Saat itu, kata dia, selain akses informasi berbasis internet/teknologi yang booming, tentu kita harus barengi dengan akses perpustakaan digital dan outomasi, diharapkan dengan kemudahan ini semakin banyak dan semakin besar minat siswa, masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Unilak Hadira Latiar, SIP, MA menyebutkan, inti dari implementasi kerjasama ini yaitu peningkatan pendidikan di Riau melalui kerja sama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA swasta (MKKS). Salah satu implementasinya diadakannya workshop perpustakaan sekolah targetnya semua perpustakaan swasta Pekanbaru dan Riau itu outomasi

"Outomasi ini merupakan implementasi atau penerapan aplikasi atau software perpustakaan untuk membantu mengelola atau manajemen perpustakaan" ucap Hadira.

Beberapa sekolah yang hadir yaitu, SMA Cendana Duri, SMA Kesuma, SMA IT Imam Syafii, SMA IT Kampar, SMA Darma Loka, SMA Azzura, dan SMA lainnya. Turut hadir dalam MoU, Kepala Urursan Internasional dan Kerjasama Unilak Dr Nurfaisal, Wakil Rektor I Unilak Dr Zamzami, Dekan, Wakil Dekan, Dosen, serta Kabag Media Promosi Unilak M Revnu Ohara M.Ikom.

Berita Lainnya

Index