Prakiraan Cuaca dan Hotspot Riau, BMKG: Waspada Hujan dan Titik Panas di Beberapa Wilayah

Prakiraan Cuaca dan Hotspot Riau, BMKG: Waspada Hujan dan Titik Panas di Beberapa Wilayah
Ilustrasi

PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru telah merilis prakiraan cuaca dan kondisi hotspot di Provinsi Riau pada Jumat, 23 Juni 2023.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Yasir Prayuna menjelaskan bahwa pagi hari ini, cuaca diperkirakan cerah berawan hingga berawan di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Kampar, dan Dumai. Serta, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah tersebut.

"Sementara itu, pada siang hari, cuaca diprediksi cerah berawan hingga berawan di Provinsi Riau. Tidak ada informasi mengenai potensi hujan pada periode ini," jelasnya.

Lalu, pada sore hingga malam hari, cuaca diperkirakan cerah berawan hingga berawan di sebagian wilayah Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Siak, dan Dumai. Serra, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah tersebut.

"Saat dini hari, cuaca diprediksi cerah hingga cerah berawan di Provinsi Riau," jelasnya lagi.

BMKG memberikan peringatan dini terkait potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Siak, dan Dumai pada pagi dan sore hingga malam hari.

Sementara itu, untuk suhu udara diperkirakan berkisar antara 23.0 hingga 34.0 °C, sedangkan kelembapan udara berkisar antara 50 hingga 98 persen. Kecepatan angin umumnya bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan 10 hingga 30 km/jam.

"Dalam prakiraan gelombang laut, tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter (rendah)," tuturnya.

Selain itu, BMKG juga melaporkan adanya titik panas atau hotspot di beberapa wilayah Sumatera. Hingga pukul 23.00 WIB, terdapat total 174 hotspot di Sumatera, dengan 31 di antaranya terletak di Provinsi Riau.

Yakni, Kabupaten Bengkalis menjadi wilayah dengan jumlah hotspot terbanyak, yaitu 7 hotspot, diikuti oleh Kabupaten Rokan Hilir dengan 2 hotspot, dan Kabupaten Rokan Hulu dengan 6 hotspot. Wilayah lainnya seperti Kabupaten Siak, Kota Dumai, dan Kabupaten Kuantan Singingi juga dilaporkan memiliki hotspot.

Berita Lainnya

Index