Pj Walikota Pekanbaru Didampingi Istri Ziarah ke Makam Marhum Pekan

Pj Walikota Pekanbaru Didampingi Istri Ziarah ke Makam Marhum Pekan

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP bersama istri Raja Rila Muflihun berziarah ke Komplek Pemakaman Marhum Pekan, di samping Masjid Raya Senapelan, Kamis (22/6) sore.

Orang nomor satu di Kota Bertuah ini didampingi Ketua DPRD Pekanbaru Sabarudi, dan Forkopimda beserta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Rangkaian ziarah diawali dengan rombongan Pj Walikota bersama Forkopimda Pekanbaru menuju Masjid Raya Senapelan sekira pukul 15.00 WIB. Sesampainya di Masjid Raya Senapelan, Pj Walikota dan rombongan masuk ke Komplek Makam Marhum Pekan.

Pj Walikota mendengarkan senarai terkait para raja yang dimakamkan di dalam Komplek Makam Marhum Pekan.

Dalam Kompleks Makam Marhum Pekan ini terdapat makam Sultan Muhammad Abdul Jalil Mu'azamsyah (Marhum Pekan). Ia merupakan sultan ke-V dari Kerajaan Siak Sri Indrapura.

Kemudian, makam Syaid Syarif Usman Shabuddin (Marhum Barat), makam Tengku Embong Badari'ah (Istri Syaid Usman), makam Sultanna Khodijah (istri Marhum Bukit), makam Sultan Abdul Jalil Alamuddinsyah (Marhum Bukit), dan makam Tengku Pangeran Kesuma Dilaga.

Kegiatan dilanjutkan dengan mendoakan para arwah para raja Kerajaan Siak Sri Indrapura. Selanjutnya, Pj Walikota menaburkan bunga ke makam para raja.

Usai prosesi ziarah, Pj Walikota Muflihun mengatakan, ziarah Makam Marhum Pekan ini merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-239 Pekanbaru. Dari senarai ringkasan, 23 Juni ditetapkan sebagai hari lahirnya Pekanbaru.

"Jadi, ziarah ini untuk mendoakan para pendiri Pekanbaru. Mari kita sama-sama berdoa agar arwah pendiri Pekanbaru bisa diterima di sisi Allah SWT," terang Muflihun.

Ziarah ini guna melihat kembali sejarah Pekanbaru. Makanya, para pejabat Pemko harus bersungguh-sungguh membesarkan Kota Pekanbaru. "Ziarah ini rutin dilakukan setiap tahun," ucapnya.

Terkahir, rombongan melaksanakan Shalat Ashar berjemaah di Masjid Raya Senapelan dan melakukan tabligh akbar dalam rangka HUT Pekanbaru ke-239.

Berita Lainnya

Index