Riau Tuan Rumah Pertukaran Pemuda, 35 Peserta Ditempatkan di Pelalawan

Riau Tuan Rumah Pertukaran Pemuda, 35 Peserta Ditempatkan di Pelalawan

PEKANBARU - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, Boby Rachmat mengatakan, persiapan Riau sebagai tuan rumah Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) Tahun 2023 Zona Barat Indonesia sudah hampir rampung.

Untuk diketahui, PPAP tahun 2023 tingkat nasional zona barat yang menjadi tuan rumah adalah Kabupaten Pelalawan sebagai lokasi penempatan.

"Pada awal pekan ini, tim Dispora Riau yang diwakili Sekretaris dan Kabid Layanan Pemuda Dispora Riau bersama Tim Kemenpora RI sudah melaksanakan rapat persiapan akhir di Pelalawan, rapat membahas apa-apa saja persiapan yang sudah dilakukan di lapangan baik itu nanti saat penyambutan peserta dari 35 provinsi dan penempatan peserta yang tinggal di rumah penduduk bersama orang tua asuh serta hal lainnya," kata Boby.

Nantinya, kegiatan PPAP akan berlangsung kurang lebih selama 1 bulan mulai dari tanggal 3 Juli sampai 5 Agustus 2023.

Sementara, untuk persiapan di Pelalawan mulai dari Kecamatan, Desa dan Kelurahan penempatan peserta PPAP 35 Provinsi serta rumah untuk orang tua asuh sudah dipersiapkan.

"Selain itu sinkronisasi program-program kegiatan OPD yang di Pelalawan pun sudah dikomunikasikan, termasuk apa-apa saja agenda peserta selama di sana baik di tingkat desa/ kelurahan, kecamatan dan kabupaten sendiri termasuk dengan OKP yang ada di kabupaten," cakapnya lagi.

Untuk penempatan 35 peserta dari 35 Provinsi itu akan ditempatkan di 2 kecamatan yaitu di Kecamatan Pangkalan Kerinci sebanyak 25 orang tepatnya di Kelurahan Pangkalan Kerinci, Desa Mekar Jaya dan Desa Makmur.

Kemudian di Kecamatan Pelalawan sebanyak 10 orang yaitu di Kelurahan Pelalawan disitus sejarah Istana Sayap Pelalawan.

"Kami juga sudah mendengar langsung kesiapan dari lurah dan kades di sana terkait rumah-rumah orang tua asuh dan memfasilitasi serta berkolaborasi kegiatan tingkat desa/kelurahan selama 1 bulan disana. Intinya terkait persiapan di Pelalawan tidak ada kendala, mudah-mudahan berjalan lancar," katanya 

Diketahui, PPAP merupakan program dari Kemenpora RI. Kemenpora sudah melayangkan surat resmi penetapan tuan rumah PPAP 2023 dalam surat nomor  PP.04.00/.V.O/D-11.5/11/2023 tertanggal 27 Februari 2023. 

Berdasarkan surat yang diteken Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am soleh tersebut Riau dinilai sangat siap sebagal calon tuan rumah PPAP tahun 2023.

Berita Lainnya

Index