Pendaftar PPDB SMP di Pekanbaru Sudah mencapai 9.467 Siswa

Pendaftar PPDB SMP di Pekanbaru Sudah mencapai 9.467 Siswa
Ilustrasi

PEKANBARU - Sehari menjelang penutupan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di Kota Pekanbaru, sudah hampir 10 ribu siswa yang melakukan pendaftaran. Meski tak banyak, jumlah ini diperkirakan masih akan bertambah.

"Hingga saat ini sudah hampir 10 ribuan, total pastinya itu 9.467 siswa yang sudah mendaftar," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal saat dihubungi, Senin (3/7/2023).

Ia mengatakan dari jumlah tersebut, kuota zonasi merupakan paling banyak dipenuhi calon siswa.

"Untuk PPDB di Pekanbaru ada empat jalur yang disediakan Pemko Pekanbaru untuk masuk ke SMP Negeri. Empat jalur itu yakni Afirmasi (kurang mampu), zonasi, prestasi dan pindahan. Paling banyak mendaftar itu yang zonasi," Cakapnya.

Jamal menyebut, dari empat jalur itu, ada dua jalur di beberapa sekolah yang kuotanya masih belum terpenuhi yakni jalur prestasi dan jalur pindahan.

"Yang jelas dari jalur prestasi, bahkan ada sekolah yang tak manfaatkan itu. Kemudian dari luar kota (pindahan), karena yang pindah berapa betul lah kan. Masing-masing sekolah sediakan kuota 10," katanya.

Untuk memenuhi kuota beberapa jalur tersebut, Disdik Pekanbaru melalui sekolah akan memindahkan ke jalur zonasi.

"Kuota itu akan diisi oleh zonasi tempatan. Jadi tanggal 6 Juli itu pengumuman, ada kuota yang tidak terpenuhi dari jalur lain, kita masukan dari jalur zonasi dan itu berlaku untuk semua sekolah," ungkapnya.

Ia mencontohkan, semisal jalur pindahan tidak diisi, maka jalur itu diisi dan diambil dari jalur zonasi.

"Semisal zonasi kuotanya 100, kemudian pindahan ada 10, kita tambah untuk zonasi ini 10, jadi 110 kuota untuk zonasi," jelasnya.

Disampaikan Ketua PMI Pekanbaru ini, untuk pendaftaran PPDB SMP Negeri akan berakhir hingga 4 Juli besok. Meski tinggal 1 hari lagi untuk PPDB, pihaknya menilai masih akan ada lagi yang mendaftar, namun memang tidak begitu ramai lagi.

"Menurut pengalaman kita ya tidak begitu ramai lagi lah yang mendaftar. Tapi kemungkinan masih ada walau sedikit," ucapnya.

Berdasarkan data yang disampaikan Disdik Pekanbaru, hingga Senin (3/7/2023) total pendaftar PPDB SMP Negeri di Kota Pekanbaru sudah mencapai 9.467 siswa. Dari ribuan pendaftar tersebut, 7.566 pendaftar dinyatakan berkas lengkap dan diterima 6.700 pendaftar. Sementara yang tidak diterima 866 pendaftar.

Berita Lainnya

Index