Pindah ke PAN, Sekretaris DPC Demokrat Rohul Mundur setelah 15 Tahun Mengabdi

Pindah ke PAN, Sekretaris DPC Demokrat Rohul Mundur setelah 15 Tahun Mengabdi

ROHUL - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Rokan Hulu (Rohul) diterpa kabar mengejutkan. Sekretaris DPC Demokrat Rohul Haliman Alqi, mengajukan pengunduran diri dari jabatannya dan sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Demokrat. 

Kabar hengkangnya Haliman Alqi dari jabatan sebagai Sekretaris DPC Partai Demokrat itu, dibenarkan Ketua DPC Partai Demokrat Rohul Kelmi Amri.

Mantan ketua DPRD Rohul itu menyebut pengunduran diri Haliman Alqi disampaikan pekan lalu setelah seluruh dokumen administrasi pendaftaran Bacaleg dari Partai Demokrat selesai disampaikan ke KPU Rohul. 

Kelmi menyatakan, dirinya memahami dan menghormati alasan pemunduran diri Haliman Alqi dari kepengurusan Partai Demokrat untuk bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN). 

"Abang beliau (Alfedri, red) adalah ketua DPW PAN Riau, jadi mereka tidak ingin keluarga mereka  terbelah dengan sikap politik, dan saya kira itu wajar dan rasional," cakap pria yang saat ini berstatus sebagai Anggota DPRD Riau tersebut, Senin (3/7/2023). 

Tak hanya legowo dengan hengkangnya Haliman Alqi dari Demokrat, Kelmi turut menyampaikan  terimakasih atas kerjasama dan pengabdian Haliman Alqi selama 15 tahun membesarkan Partai Demokrat di Rohul. 

"Saya rasa Saudara Haliman pun berat meninggalkan Demokrat karena beliau sudah 15 tahun mengabdi dan membesarkan partai ini. Namun yang namanya keputusan politik tentunya harus diambil, dan kami menghormati serta menganggap keputusan Haliman tersebut sebagai keputusan rasional," tuturnya.

Disinggung apakah mundurnya Haliman Alqi disebabkan karena adanya konflik internal Demokrat, Kelmi secara tegas membantah isu tersebut dan menilai itu hanyalah isu yang dibuat-buat. 

"Tidak ada konflik internal, kalau ada itu pasti cerita yang dibuat-buat, beliau datang dan mundur secara baik-baik," tegasnya.

Ajukan Dua Nama Pengganti

Tak ingin larut dalam kesedihan atas hengkangnya Haliman Alqi yang menyeberang ke PAN, DPC Partai Demokrat Rohul segera menggelar Rapat Pleno membahas pergantian Sekretaris DPC Demokrat. 

Dalam rapat tersebut, DPC Demokrat Rohul mengusulkan dua nama pengganti, yakni Ketua F-Demokrat DPRD Rohul Muhamad Aidi dan Wakil Ketua DPC Demokrat Hamdan. 

"Kedua nama itu nantinya akan kita usulkan secara berjenjang ke DPW dan DPP untuk diputuskan menjadi Sekretaris DPC Partai Demokrat dan selanjutnya akan dituangkan dalam SK kepengurusan," terang Kelmi. 

Meskipun ditinggal Sekretarisnya, namun hal itu tidak menganggu persiapan Demokrat menghadapi Pemilunya legislatif 2024. 

Hasil verifikasi masing-masing Bacaleg yang didaftarkan ke KPU sudah disampaikan dan tengah proses perbaikan, dimana secara prinsip dokumen yang diminta KPU untuk diperbaiki sudah siap dan tinggal dilakukan upload ke aplikasi Silon. 

Bahkan, diakuinya, DPC Partai Demokrat juga sudah mengajukan pergantian Haliman Alqi yang juga berstatus sebagai Bacaleg DPRD Rohul Dapil 6 Meliputi Kecamatan Rokan IV Koto, Tandun, Kabun dan Pendalian. 

"Kami sudah melakukan pergantian Aliman Alqi sebagai Bacaleg, karena pada saat mendaftarkan ke KPU memang ada beberapa orang yang masuk daftar tunggu sehingga tinggal meng-input saja," tutup Kelmi. 

Berita Lainnya

Index