Usung Tema 'Riau Bersatu', Ini Makna Logo HUT Ke-66 Riau Tahun 2023

Usung Tema 'Riau Bersatu', Ini Makna Logo HUT Ke-66 Riau Tahun 2023

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengusung tema "Riau Bersatu" dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-66 Provinsi Riau tahun 2023. 

Ketua Panitia HUT Ke-66 Provinsi Riau, M Job Kurniawan mengatakan, jika pihaknya telah melakukan sayembara logo HUT Ke-66 Riau. 

"Kita sudah melakukan sayembara logo HUT Ke-66 Riau, dan kita mengusung tema Riau Bersatu," kata Asisten II Setdaprov Riau ini. 

Job menjelaskan, makna dari logo HUT Ke-66 Riau tersebut, yang memberi makna semangat bersama masyarakat Riau untuk mewujudkan Riau Bersatu. 

"Riau Bersatu itu yaitu berdaya saing, sejahtera, bermartabat, dan unggul. Artinya masyarakat Riau harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan kualitas SDM dan SDA, agar geliat ekonomi terus tumbuh dan meningkatkan, yang akan bermuara kesejahteraan yang berkelanjutan," terangnya. 

"Selain itu, dengan Riau Bersatu kita juga dapat menjunjung tinggi nilai norma dan adat istiadat juga merupakan upaya mewujudkan Riau yang bermartabat," sebutnya. 

Kemudian, Job Kurniawan menjelaskan, simbol dari angka 66 HUT Riau tahun 2023 tersebut. Dimana simbol arah yang mengarah keatas sebagai simbol harapan bersama, serta rasa optimis untuk mewujudkan Provinsi Riau yang berdaya saing, sejahtera, bermartabat, dan unggul.

Lalu, Simbol Rantai melambangkan persatuan yang kokoh, hubungan masyarakat yang solid, kompak dan gotong royong yang tentunya menjadi modal dasar untuk membangun masa depan Provinsi Riau kearah yang lebih baik.

Selanjutnya, Tanjak merupakan penutup kepala adat Melayu Riau yang berbentuk runcing ke atas pakaian adat baju kurung yang melambangkan kewibawaan seorang pemimpin dengan kepiawaian yang dimilikinya mampu mewujudkan Riau Bersatu.

Sedangkan warga dalam logo HUT Ke-66 Riau terdapat lima komponen. Yakni Kuning melambangkan Kejayaan, Martabat dan Marwah. Biru melambangkan Unggul dan Cerdas

Merah melambangkan Keberanian dan Sportif. Hijau melambangkan Kesuburan dan Kesejahteraan. Hitam melambangkan ketegasan dan kokoh.

Berita Lainnya

Index