Rutan di Siak Dibakar, Ratusan Tahanan Kabur

Rutan di Siak Dibakar, Ratusan Tahanan Kabur

CELOTEHRIAU.COM - Rumah Tahanan (Rutan) kelas II Siak hangus dibakar narapidana usai kegaduhan yang berlangsung dari pukul 22.00 WIB, Jum'at (10/5/2019) di dalam ruang tahanan Rutan, Siak.

Dari video yang beredar, bangunan Rutan tersebut ludes dilalap si jago merah. Selai  itu Ratusan tahanan dikabarkan kabur.

Tampak 4 unit mobil pemadam kebakaran silih berganti memadamkan api yang sangat cepat membakar bangunan yang dihuni lebih dari 500 orang tahanan tersebut.

Saat api mulai redup, puluhan tahanan keluar dan menyerahkan diri ke pihak kepolisian hingga langsung diamankan Polres Siak.

Dari keterangan warga sekitar, diperkirakan puluhan tahanan melarikan diri ke arah kota Siak dan memasuki hutan di sekitar Rutan.

"Tadi banyak orang yang berlari ke arah belakang rutan itu bang, ada beberapa tadi yang langsung diamankan polisi. Sisanya lari ke hutan itu," kata Andi salah seorang warga yang ada di lokasi sembari menunjuk arah hutan.

Kasat Narkoba Tertembak

Suasana Rutan Kelas II B Siak masih mencekam. Tak hanya membakar bangunan, para tahanan juga menghujani petugas keamanan dari polres Siak dan pemadam kebakaran dengan batu.

Saat mobil pemadam kebakaran tiba di Rutan, tahanan yang berada di dalam gedung tersebut mendadak bringas. Beberapa titik api mulai muncul di beberapa sudut bangunan gedung.

Melihat hal itu, Kasat Narkoba Polres Siak AKP Jailani langsung mengambil alih barisan depan petugas kepolisian yang berusaha menenangkan keributan dari luar pintu masuk Rutan.

"Semuanya harap tenang, jangan ada yang berbuat anarkis," kata Kasat saat berada di depan pintu masuk Rutan sembari berusaha menenangkan narapidana yang kian bringas.

Namun, imbauannya malah dibalas dengan tembakan ke arah lengan sang pemimpin di satuan Narkoba Polres Siak itu. Seluruh personel yang berada di dekat AKP Jailani sontak terkejut dan langsung melarikannya ke Rumah Sakit.

Dari keterangan petugas yang berada di lokasi, diduga narapidana yang berada di dalam lapas telah menguasai 3 unit senjata laras panjang milik penjaga Lapas.

"Sepertinya itu senjata milik petugas Lapas, sebaiknya semuanya mundur, biarkan kami (Anggota Polres Siak, red) yang berada di daerah depan," ucap salah seorang polisi.

Berita Lainnya

Index