Pemko Pekanbaru Segera Cari Pengganti 4 Kepala OPD Definitif

Pemko Pekanbaru Segera Cari Pengganti 4 Kepala OPD Definitif
Muflihun.

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera melakukan seleksi kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Pasalnya, ada tiga jabatan kepala OPD definitif yang sudah kosong dan satu pejabat eselon II akan pensiun.

"Ada jabatan yang kosong. Jabatan lain juga akan kosong karena ada pejabat eselon II yang akan pensiun pada bulan November nanti," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Senin (17/7). 

Sesuai aturan, proses asesmen jabatan susah bisa dilakukan 6 bulan sebelum masa jabatan pejabat eselon II itu pensiun. Makanya, proses asesmen terhadap empat kepala OPD ini akan digelar sekaligus. 

Jabatan yang akan dibuka untuk seleksi (asesmen) kepala OPD antara lain, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). 

"Makanya, jauh hari kami siapkan agar tidak ada jabatan eselon II yang kosong. Supaya tidak putus roda pemerintahan di masing-masing OPD," sebut Muflihun. 

Proses asesmen empat kepala OPD ini sudah diajukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Informasi terakhir, Kemendagri sedang memproses pengajuan asesmen itu.

"Setelah itu, kami minta izin ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Kemudian, kami gelar lelang jabatan (open bidding)," jelas Muflihun.

Untuk diketahui, tiga jabatan kepala OPD berstatus pelaksana tugas (Plt). Tiga OPD itu antara Dinas PUPR, BKPSDM, dan Disketapang. Sedangkan Kepala Bappeda Ahmad akan pensiun pada bulan November 2023.

Berita Lainnya

Index