Riau Raih Peringkat Delapan Nasional Dalam MQKN ke - 7 Tahun 2023

Riau Raih Peringkat Delapan Nasional Dalam MQKN ke - 7 Tahun 2023

PEKANBARU - Event Tahunan Nasional telah usai dilaksanakan, Menteri Agama menutup kegiatan yang menghadirkan para Qiraatul Kutub pada kegiatan Musabaqah Qiraatul Kutub Nasional (MQKN) ke 7 tahun 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur pada 10 – 18 Juli 2023. MQKN 2023 ini mengusung tema “Rekontekstualisasi Turats untuk Peradaban dan Kerukunan Indonesia". 

Dalam MQKN Ke 7 Tahun 2023 ini, kontingen Provinsi Riau pada event ini berhasil berada pada posisi delapan besar Nasional. 

"Alhamdulillah, kontingen Riau berada pada posisi delapan besar nasional. Ini membuktikan bahwa kontingen Riau sudah mempersiapkan segalanya  dengan baik dan tekun. Riau berhasil memperoleh satu medali emas, satu medali perak, empat medali perunggu serta 15 juara harapan," tutur Official Kontingen MQKN Riau Dr. H. M. Fakhri, MA.

Sementara itu Koordinator Kontingen MQKN Riau yang juga Kabid PAPKIS Kemenag Riau Dr. H. Edwar S Umar menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi tinggi nya atas usaha dan perjuangan kontingen Riau.

"Saya atas nama pribadi dan Kabid Pendidikan Islam dan pendidikan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Riau menyampaikan uacapan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya atas usaha ananda kami santriwan dan santriwati Riau. Mudah mudahan dengan kegiatan MQKN ini dapat lebih meningkatkan kualitas pembelajaran Qiraatul Kutub dan ilmu agama lainnya,"ungkapnya. 

Kegiatan ini memperlombakan berbagai cabang sesuai tingkatan/marhalahnya (Ula, Wustha, Ulya, dan Ma’had Aly) seperti Fiqih, Nahwu, Akhlak, Tarikh, Tafsir, Ilmu Tafsir, Hadis, Ilmu Hadis, Balaghoh, Tauhid, Debat Bahasa Arab dan Inggris, Bahtsul Kutub, dan Debat Qanun. Juga diselenggarakan Lalaran Nadhom Amtsilah at-Tashrîfiyah dan Lalaran Nadhom Alfiyah Ibnu Mâlik sebagai Cabang Eksebisi.

Berita Lainnya

Index