Survei Bursa Calon Walikota Pekanbaru

Tiga Kandidat Paling Mencuat, Ayat Cahyadi Nomor Satu

Tiga Kandidat Paling Mencuat, Ayat Cahyadi Nomor Satu

PEKANBARU - Pusat Studi Demokrasi dan Hak Asasi Manusia (Pusdeham) merilis survei elektabilitas bursa kandidat calon Walikota Pekanbaru 2024.

Ada tiga nama tokoh di bursa Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Pekanbaru dari survei tersebut. Dari deretan tokoh tersebut, terdapat nama Wasekjen PAN Irvan Herman Abdullah, mantan Wakil Walikota, Ayat Cahyadi sampai Pj Walikota Muflihun.

Berdasarkan data Pusdeham, Irvan Herman berada di posisi ketiga. Muflihun kedua, dan nomor satu Ayat Cahyadi.

Peneliti Pusdeham Andik mengatakan hal ini diakibatkan oleh faktor jabatan Irvan yang cukup strategis.

"Di samping karena modal sosial yang dimiliki, Irvan Herman terdongkrak karena aktifitasnya fungsionaris di partai," kata Andik dalam keterangan tertulis, Selasa (18/7/2023).

Pada posisi kedua terdapat nama Pj Walikota Pekanbaru Muflihun. Menurut Andik, raihan angka ini disebabkan oleh posisi jabatan mereka saat ini.

"Ya tentu karena efek incumbency (jabatan)," cakapnya.

Saat dikonfirmasi, Selasa (18/7/2023), Irvan Herman mengaku bersyukur jika namanya masuk tiga besar survei Pusdeham.

“Secara pribadi saya mengucapkan rasa syukur Alhamdullilah karena nama saya masuk tiga besar survei untuk bursa pemilihan Calon Walikota Pekanbaru,” ujar Irvan.

Disampaikan Irvan, sesuai amanat Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, dirinya tetap diharapkan untuk dapat maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) di DPR RI Dapil Riau 1.

“Amanat Ketua Umum, saya fokus maju ke DPR RI. Untuk itu, tentunya saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Pekanbaru yang telah memberikan dukungan dan doa kepada saya. Ini menandakan masyarakat masih mengingat Almarhum Pak Herman dan keluarga,” ucapnya.

Secara pribadi, kata Irvan dirinya belum pernah melakukan deklarasi untuk maju sebagai Calon Walikota Pekanbaru. Meskipun, dirinya tidak membantah ketika turun menjemput aspirasi di tengah masyarakat, ada usulan untuk maju.

“Namun sebagai Kader Partai PAN, saya tentunya menjalankan amanat partai. Jika nantinya saya duduk sebagai anggota DPR RI, peluang untuk maju tentu bisa menjadi besar. Meskipun, semua itu kan tergantung partai,” tegasnya.

Di tempat terpisah, Ayat Cahyadi juga mengapresiasi hasil survei yang menempatkan namanya di urutan pertama.

"Saya jujur tidak mengetahui survei tersebut. Tapi alhamdulillah, tandanya masyarakat Pekanbaru masih ingat sama saya," kata Ayat.

Meski demikian, ia mengaku bahwa saat ini dirinya dan PKS fokus pada Pileg 2024 yang mana akan dilaksanakan 9 bulan lebih cepat sebelum Pilkada.

Ayat juga saat ini sedang fokus pada pencaloannnya sebagai caleg legislatif DPRD Riau.

"Kami lagi konsentrasi fokus pada Pileg lebih dahulu. Namun, hasil - hasil survei ini akan jadi acuan kita," tukasnya.

Berita Lainnya

Index