Sukseskan Pemilu dan Pilkada 2024, Pemko Pekanbaru Jaga Netralitas ASN

Sukseskan Pemilu dan Pilkada 2024, Pemko Pekanbaru Jaga Netralitas ASN

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru siap menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang. 

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution usai pertemuan dengan Tim Komisi II DPR RI dengan Pemprov Riau dalam Rangka Reses di Balai Serindit, Selasa (18/7/2023). Ia mengatakan Pemko Pekanbaru sudah menyiapkan berbagai hal untuk mensukseskan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

"Pada prinsipnya kami menyampaikan bahwa kita Pekanbaru juga sudah mempersiapkan. Kita sudah melakukan penganggaran dan juga sosialisasi," ujar Indra Pomi, Selasa (18/7/2023).

Ia mengatakan pihaknya juga telah mengimbau seluruh ASN juga untuk melakukan tindakan netral terhadap pelaksanaan proses Pilkada maupun Pemilu.

"Kita minta agar ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru untuk netral terhadap pelaksanaan Pemilu dan Pilkada," Cakapnya.

Dikatakan Indra Pomi, ada surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri), bahwa Pemerintah Daerah harus menganggarkan sekitar 40 persen dari APBD khusus untuk Pilkada.

"Di tahun 2024, Pemko Pekanbaru menyiapkan anggaran Pilkada sekitar Rp30 miliar untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Rp8 M Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Kalau untuk tahun 2023 juga sudah kita kucurkan tapi lebih kecil, masih sekitar Rp20 Miliar untuk KPU dan Rp2 miliar di Bawaslu," sebutnya.

Sementara itu untuk Pemilu Pilpres anggarannya dari pusat. 

"Kewenangan kita khusus untuk pilkada, mulai 2023 sudah mulai," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index