162 Warga Pekanbaru Digigit Hewan Peliharaan

162 Warga Pekanbaru Digigit Hewan Peliharaan
Ilustrasi

PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru mencatat hingga saat ini sudah ada 162 orang warga setempat yang digigit hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kera. Dari gigitan tiga hewan tersebut, sekitar enam hewan yang positif rabies.

"Sekitar 162 orang yang melaporkan digigit hewan peliharaan. Dari jumlah tersebut, hewan yang positif rabies itu ada 6," ujar Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian dan Perikanan Pekanbaru Dokter Hewan (drh) Rita Setyawati, Kamis (20/7/2023).

Ia mengatakan, pihaknya banyak diminta untuk vaksinasi rabies. Jadi, ada peningkatan permintaan vaksinasi rabies akhir-akhir ini.

"Kesadaran masyarakat juga tinggi terhadap virus rabies. Kasus pelaporan orang tergigit hewan berpenyakit rabies juga tinggi," cakapnya.

Di Distankan, vaksinasi rabies ini gratis. Bagi warga yang ingin memvaksin hewan peliharaannya bisa datang ke Kantor Distankan di Jalan Ibrahim Sattah (jalan di samping La Fusion Vanhollano Bakery).

Pelayanan vaksinasi rabies juga dibuka di Puskeswan Tenayan setiap Selasa pada pukul 09.00-12.00 WIB. Vaksinasi rabies juga bisa di Puskeswan Rumbai setiap Rabu pukul 09.00-12.00 WIB.

"Vaksinasi rabies gratis. Yang penting, hewan sehat dan berumur di atas tiga bulan," jelas Rita.

Dokumen tanda adopsi hewan peliharaan tak diperlukan. Distankan yang akan memberi buku vaksin sebagai tanda hewan tersebut sudah divaksin rabies.

Berita Lainnya

Index