Soal Pedagang tak Mau Tempati Pasar Higienis, Ini Respon Firdaus

Soal Pedagang tak Mau Tempati Pasar Higienis, Ini Respon Firdaus
Firdaus

CELOTEHRIAU.COM - Meskipun keberadaan pedagang di Jalan Teratai sudah ditertibkan, namun sampai sejauh ini keberadaan para pedagang yang seharusnya berjualan dilokasi pasar higienis, kembali menjajakan barang dagangannya di sepanjang Jalan Teratai. Hal ini, tentunya berdampak terhadap macetnya lalu lintas dilokasi tersebut.

Mendengar masih semrawutnya kondisi lalulintas di Jalan Teratai akibat kembali keluarnya para pedagang dari pasar higienis, Walikota Pekanbaru, Firdaus, langsung angkat bicara.

“Kita berharap para pedagang bisa memanfaatkan gedung yang telah kami bangun. Jangan berjualan di lokasi yang rawan menyebabkan kemacetan karena tentunya akan mengganggu pengendara lalulintas,” katanya.

Firdaus berharap, tim yustisi terpadu Pemko Pekanbaru juga bisa segera melakukan langkah cepat agar keberadaan para pedagang bisa kembali menempati pasar higienis yang telah dibangun Pemerintah.

“Itu harus segera ditindaklanjuti. Kalau bisa para pedagang bisa kembali masuk ke pasar higienis dan meninggalkan lokasi yang saat ini mereka gunakan. Untuk itu, tim yustisi terpadu harus segera turun,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Meski Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru telah menyediakan sarana dan prasarana bagi pedagang di Jalan Teratai untuk menempati pasar higienis, akan tetapi fakta dilapangan masih banyak pedagang yang enggan menempati pasar yang dibangun oleh pemerintah tersebut.

“Secara teknis pasar higienis sudah layak untuk ditempati para pedagang karena kami sudah menyediakan sarana dan prasarana bagi pedagang. Untuk itulah kami berharap para pedagang kembali masuk dan berjualan di pasar higienis yang dibangun pemerintah,” kata Kepala DPP Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut.

Ingot mengakui, selama ini pihaknya selalu saja mengalami kesulitan dalam menertibkan para pedagang yang masih berjualan dipinggir jalan. Untuk itu, dirinya berharap adanya bantuan dari OPD teknis agar melakukan penertiban.

“Kami berharap OPD terkait lainnya juga melakukan langkah-langkah yang mendukung kita, agar keberadaan pasarhigienis bisa ditempati dan jalan bisa difungsikan sebagaimana mestinya,” imbuhnya.

Dilanjutkan Ingot, pihaknya memang telah melakukan koordinasi dengan OPD terkait dalam hal ini Satpol PP Kota Pekanbaru agar melakukan penertiban para pedagang yang masih berjualan di sepanjang jalan tersebut. 

“Kita sudah sampaikan tapi belum ada respon. Intinya kita sudah optimalkan dan sediakan pasarnya, sesuai dengan harapan pedagang termasuk membongkar pagar yang diinginkan para pedagang. Sekarang ini perlu adanya kebersamaan dan sinergi lah dalam menertibkan para pedagang disana,” pungkasnya.

Berita Lainnya

Index