Dorong Kucuran APBN Rp3 M di Revitalisasi Pasar Palapa, Ini Kata Irvan Herman

Dorong Kucuran APBN Rp3 M di Revitalisasi Pasar Palapa, Ini Kata Irvan Herman

PEKANBARU - Ground breaking revitalisasi Pasar Palapa Pekanbaru sudah dilakukan. Progres pembangunannya pun dimulai. Kementerian Perdagangan (Kemendag) membantu revitalisasi Pasar Palapa di Kota Pekanbaru melalui APBN sekitar Rp3 miliar.

Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun, mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perdagangan RI H. Zulkifli Hasan. Muflihun menekankan bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari peran serta tim ahli Zulkifli Hasan, di antaranya dr. Irvan Herman Abdullah.

"Beliau telah memberikan masukan penting kepada Menteri Perdagangan RI untuk memberi perhatian khusus kepada pasar-pasar di Kota Pekanbaru," kata Muflihun.

Sementara itu, dr Irvan Herman Abdullah yang merupakan putra asli Kota Pekanbaru dan anak mantan Walikota Pekanbaru dua periode alm Drs H. Herman Abdullah MM itu mengaku bersyukur dapat membantu Pekanbaru untuk dikucurkannya APBN ke Kota Bertuah itu.

Irvan Herman sendiri saat ini merupakan salah seorang tim ahli Mendag Zulkifli Hasan. Di politik, ia juga sudah berkarir di nasional sebagai Wasekjend Partai Amanat Nasional (PAN).

Irvan mengatakan bahwa ia sebagai anak asli Pekanbaru, akan terus mencoba melakukan sebisanya untuk Pekanbaru.

"Ketika kita mendapatkan posisi yang baik kita harus ingat kampung, apapun yang bisa dibantu kita coba. Salah satunya kemarin kita mencoba mengusulkan Pasar Cik Puan ke Kementrian Perdagangan, tapi kewenangannya di Kementrian PUPR. Sehingga kita mencari pasar yang bisa direvitalisasi, makanya dapat ke Pasar Palapa," kata Irvan.

Ia mengatakan, Pasar Palapa sendiri sudah lebih kurang 20 tahun tidak tersentuh bantuan revitalisasi.

"Kami lihat persyaratannya cukup, lahannya aset Pemda, ya kita bisikkan ke Pak Menteri untuk bisa dibantu, dan beliau menyetujui itu. Satu lagi ada di Rohul, namanya Pasar Kepenuhan, mungkin sedang berproses," papar Irvan.

Ia mengatakan, bahwa usulan ke Mendag tersebut karena Pekanbaru sebagai pusat ibukota, namun ada pasar yang belum layak.

"Alhamdulillah diterima, sebanyak Rp3 miliar (APBN), saya kira itu cukup, semoga ini bisa membuat wajah baru bagi Pasar Palapa. Sehingga dapat membuat magnet baru bagi (Kecamatan) Payung Sekaki, sehinga masyarakat atau umum mau berdatangan belanja, sehingga perputaran ekonomi berjalan," cakapnya lagi.

Selain itu, ia mengatakan, bahwa ia meminta ke Pj Wlaikota untuk mendata pasar - pasar yang perlu dibantu, agar dapat diusulkan.

"Di sini kita tidak ada bersifat bisnis ya, ini kita murni bantu ke masyarakat, dan dananya langsung ke Pemko, dan langsung dilelang. Saya harapkan dapat kontraktor yang profesional. Saya berharap juga pedagang yang ada di sana saling support, sehingga kalau pasar ini bagus, jadi cepat. Masyarakat kan senang," tukasnya.

Katanya lagi, sebagai putra asli Pekanbaru, guna meneruskan yang sudah dikerjakan almarhum orang tuanya semasa menjabat walikota, maka ia berupaya semaksimal mungkin di posisinya saat ini, berbuat untuk Kota Bertuah.

Selain itu, ia mengataka, bahwa dirinya berkomitmen untuk membantu Pj Walikota Pekanbaru dalam mengembangkan visi misinya.

"Selama ini beliau telah berjuang untuk mengubah wajah Pekanbaru lebih baik dengan keterbatasan kewenangan yang ada. Saya berharap masyarakat dukung Pj Walikota Pekanbaru," tukasnya.

Berita Lainnya

Index