Tiru Juventus, Milan juga Rekrut Pemain Asal Amerika Serikat

Tiru Juventus, Milan juga Rekrut Pemain Asal Amerika Serikat
Yunus Musah. (c) AC Milan Official Twitter

CELOTEHRIAU - AC Milan akhirnya mengumumkan transfer Yunus Musah secara resmi pada Jumat (4/8/2023) malam WIB. Milan mendatangkan Musah dari Valencia untuk memperkuat lini tengah musim depan.

Milan sebenarnya sudah cukup lama mengincar Musah, tapi negosiasi berjalan cukup sulit. Valencia sempat menolak tawaran perdana Milan, negosiasi pun berlangsung intens, sampai akhirnya kesepakatan tercapai belum lama ini.

Milan menawarkan dana sekitar 20 juta euro. Itu sudah termasuk add-ons. Musah pun sudah terbang ke Italia. Ia menjalani tes medis pada Kamis (3/8/2023) lalu.

Akhirnya, Jumat kemarin, Milan mengumumkan bahwa Yunus Musah sudah resmi jadi pemain baru mereka. Rossoneri mengikat Musah dengan kontrak selama lima tahun.

"AC Milan dengan bangga mengumumkan perekrutan Yunus Musah secara permanen. Sang gelandang telah menandatangani kontrak dengan Klub hingga 30 Juni 2028."

Siapa Yunus Musah?

Pergerakan Milan untuk Musah terbilang mengejutkan. Ada banyak gelandang yang bisa dibidik Rossoneri, tapi pilihan mereka jatuh kepada gelandang asal Amerika Serikat tersebut.

Musah adalah pemain keturunan Ghana yang terlahir di Amerika Serikat dan kini menyandang status warga negara Amerika Serikat. Biar begitu, dia lebih banyak menghabiskan waktu mudanya di Italia dan di Inggris.

Bahkan Musah sempat mengembangkan potensinya bersama tim muda Arsenal. Dia berlatih di sana mulai tahun 2012 silam, sampai akhirnya memilih bergabung dengan Valencia pada tahun 2019, saat usianya masih 16 tahun.

Musah lantas mengalami perkembangan pesat di Valencia. Dia menjalani pramusim penuh bersama tim senior pada tahun 2020 dan pada usia 17 tahun 8 bulan, Musah menjalani debut penuhnya di La Liga.

Memilih Amerika Serikat

Seperti yang disinggung di atas, meski kini berstatus warga negara Amerika Serikat, Musah sebenarnya bisa saja memilih negara berbeda.

Di usia muda, Musah bisa bermain untuk Amerika Serikat, Ghana, Italia, dan Inggris. Bahkan dia sempat berkarier di Timnas Inggris usia muda, mulai U-15 sampai U-18, meski akhirnya memilih tim senior Amerika Serikat.

Mulai tahun 2020, dia sudah menempuh total 27 pertandingan untuk tim senior Amerika Serikat. Musah dikenal sebagai gelandang kreatif yang bisa mengisi beberapa posisi di lini tengah.

Profil Yunus Musah

Nama: Yunus Dimoara Musah
Tanggal lahir: 29 November 2002
Tempat lahir: New York, Amerika Serikat
Posisi: Midfilder (CM)

Karier klub

2019 - 2020 : Valencia B
2020 - 2023 : Valencia
2023 - sekarang : AC Milan

Karier internasional

2016 - 2017 : Inggris U15
2017 - 2018 : Inggris U16
2018 - 2019 : Inggris U17
2019 : Inggris U18
2020 - sekarang : Amerika Serikat

Berita Lainnya

Index