Tahun Ini, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Sudah Beroperasi

Tahun Ini, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Sudah Beroperasi

CELOTEHRIAU.COM - Walikota Pekanbaru, Firdaus bersama rombongan Gubernur Riau, Syamsuar, didampingi sejumlah kontraktor melakukan kunjungan terhadap pembangunan proyek jalan tol Pekanbaru-Dumai di pintu gerbang masuk tol yang berada di Kelurahan muara fajar, Kecamatan Rumbai, Jumat (17/5/2019).

Dari kunjungan yang dilakukan, Wali Kota dan Gubernur mendapat pencerahan bahwa ditargetkan pada Desember akhir tahun 2019 ini, proyek pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai sudah akan beroperasi.

"Alhamdulillah, Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai yang memiliki 6 session ini, sudah akan efektif pada Desember akhir tahun ini. Saat ini kontraktor tengah melakukan pengerjaan terowongan di bagian utara, yang mana ini nanti akan menghubungkan tol Pekanbaru-Padang, dan Pekanbaru-Jambi," kata Firdaus.

Mengenai pembebasan lahan, Wali Kota menjelaskan ada sekitar 1,6 KM lahan di session 1 dari ukuran panjang jalan 9,5 KM sudah diberikan pemerintah daerah untuk pembangunan proyek tol ini.

Jumlah tersebut merupakan partisipasi daerah yang diberikan kepada pemerintah pusat untuk mensukseskan lancarnya pembangunan tol ini selain dilakukan pula proses Konsolidasi Tanah pada masyarakat.

"Itu adalah partisipasi daerah untuk pemerintah pusat selain dari jumlah pembebasan lahan dari Konsolidasi Tanah (KT) masyarakat. Insyaallah tol Pekanbaru-Dumai ini akan dibuka dan beroperasi pada Desember 2019 nanti," imbuhnya. 

Berita Lainnya

Index