Seluruh Pejabat Pemko Pekanbaru Bakal Pakai Baju Adat saat Rayakan HUT RI

Seluruh Pejabat Pemko Pekanbaru Bakal Pakai Baju Adat saat Rayakan HUT RI

PEKANBARU - Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Pekanbaru tahun 2023 ini dipastikan berbeda. Pasalnya, seluruh pejabat yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan memakai baju adat daerahnya masing-masing saat menghadiri acara detik-detik proklamasi.

"17 Agustus ini kan memang hari kebesaran kita ya bangsa Indonesia, dimana kemerdekaan bangsa Indonesia diproklamirkan oleh Soekarno-Hatta," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution.

Ia mengatakan setiap tahunnya Pemerintah Kota melakukan apel di OPD masing-masing, untuk kemudian detik-detik proklamasi-nya diperingati secara bersama di Kantor Walikota.

"Berkaitan dengan pakaian, memang ada anjuran dari pemerintah pusat untuk menggunakan pakaian adat daerah masing-masing. Jadi nanti kita akan coba untuk kepala OPD, kemudian para Kabag, undangan, itu menggunakan pakaian adat masing-masing saat menghadiri acara," cakapnya.

"Pokoknya pakaian adat masing-masing lah. Kalau mungkin nanti dari Medan itukan ada pakaian adat Batak, dari Mandailing ada pakaian adat Mandailing, dari Padang ada pakaian adat Minangkabau, kemudian dari Melayu sendiri ada Melayu, kemudian dari Makasar pakai Makassar," imbuhnya.

Disinggung terkait pakaian adat apa yang akan digunakan oleh Sekda saat acara tersebut, Indra Pomi mengatakan dirinya berencana menggunakan penutup kepala dari adat Papua.

"Saya ini merah putih ya, jadi saya ingin nanti kalau dapat saya mau pakai penutup kepala adat Irian, Papua. Untuk pakaian menyesuaikan, mungkin saya pakai jas atasnya pakai penutup kepala asal Papua itu," ucapnya.

Berita Lainnya

Index