Dorong Pengembangan UMKM di Pekanbaru, Ini Kata Sabarudi

Dorong Pengembangan UMKM di Pekanbaru, Ini Kata Sabarudi

PEKANBARU - Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi, mengatakan pelaku Usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan bagian penting dari perekonomian Indonesia. Terlebih di kota seperti Pekanbaru hari ini.

Ia juga mengapresiasi upaya Pemko Pekanbaru di bawah naungan Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun yang fokus terhadap pengembangan UMKM di Pekanbaru.

"Kita mendukung apa yang telah dibuat oleh Pj Walikota hari ini terhadap UMKM, ini perlu diteruskan," kata Sabarudi, Selasa (15/8/2023).

Ia mengatakan, pada dasarnya, UMKM mengacu pada bisnis atau usaha yang dijalankan oleh individu, sekelompok individu, organisasi kecil atau rumah tangga.

Keberadaan pelaku UMKM di Indonesia dianggap sangat penting karena memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

“UMKM hari ini dan berikutnya adalah jantung perekonomian masyarakat Indonesia, dengan memberikan perhatian kepada UMKM sama halnya memberikan perhatian keberlangsungan kehidupan di Indonesia,” cakapnya.

Politisi PKS yang juga merupakan ketua dari komunitas UMKM Pekanbaru Berdaya mengatakan pelaku UMKM harus kuat dan tahan banting.

Karena menurutnya 5 tahun pertama ketika mulai berwirausaha adalah hal yang sangat berat, namun jika memiliki mindset atau pola pikir inilah yang memengaruhi pikiran, perasaan, dan tindakanmu dalam menjalankan usaha.

“Banyak riset yang memaparkan bahwa hampir 90% bisnis gagal di usia 5 tahun pertama, setelah digali kesalahannya ada di pelaku usaha dengan mindset yang lemah,” ujarnya.

Selain karena mindset yang lemah, kegagalan dalam menjalankan bisnis UMKM adalah akibat dari bisnis yang dijalankan oleh ‘superman’ atau eksekutor sekaligus pemikir strategis tunggal.

Karena Idealnya sebuah bisnis harus dijalankan oleh superteeam yang handa dengan mindset yang kokoh.

“Belajar dengan mentor bisnis dan belajar dari kesalahan diri sendiri dan orang lain bisa menjadi cara membentuk mindset bisnis yang baik,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, jika semuanya berjalan sesuai rencana, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan meresmikan/melaunching pusat UMKM Kota Pekanbaru yang beralamat di Jalan Arifin Ahmad pada Bulan Desember 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun. Ia mengatakan nantinya jika pusat UMKM tersebut sudah diresmikan, maka UMKM masyarakat bisa dititipkan di sana.

"Akhir Desember Pemko Pekanbaru akan melaunching pusat UMKM Kota Pekanbaru di Jalan Arifin Ahmad. Itu kantor Wawako lama kita desain menjadi pusat UMKM," ujar Muflihun.

Ia mengatakan adapun tujuan pemerintah kota membuat pusat UMKM ini agar produk UMKM masyarakat bisa dititip di sana.

"Kalau mungkin hari ini masyarakat hanya berjualan dengan online saja tapi masih belum ada tempat, nah besok itu kita siapkan tempatnya di pusat UMKM tersebut. Silahkan titip produknya di sana," cakapnya.

Nantinya Pemerintah Kota akan melibatkan Dinas Perhubungan dan juga Pariwisata agar meminta kepada setiap mobil, bus wisata untuk singgah belanja di sana (pusat UMKM).

"Kemudian untuk hotel, tamunya juga kita imbau untuk belanja di pusat UMKM tersebut. Minimal ini usaha pemerintah untuk membantu mendorong UMKM di Pekanbaru," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index