Jalan Tol Lingkar Pekanbaru Segera Dibangun, 2024 Ditargetkan Selesai

Jalan Tol Lingkar Pekanbaru Segera Dibangun, 2024 Ditargetkan Selesai

PEKANBARU - Melanjutkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap II, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mengakselerasi rencana pembangunan jalan tol Ruas Rengat-Pekanbaru Seksi Lingkar Pekanbaru (Junction Pekanbaru- Bypass Pekanbaru) sepanjang 30,57 Km.

Adapun rencana pembangunan jalan tol ini sejalan dengan 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia, dimana Hutama Karya berkomitmen untuk terus melaju menuju Indonesia Maju.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, menjelaskan pembangunan tol ini akan terkoneksi dengan tiga ruas JTTS, yakni jalan tol Ruas Rengat-Pekanbaru, Ruas Pekanbaru-Bangkinang, dan backbone Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai.

"Penandatanganan kontrak proyek akan dilakukan pada akhir bulan Agustus atau awal bulan September mendatang. Kita berharap dengan terhubungnya konektivitas infrastruktur jalan tol ini dapat menstimulasi pertumbuhan ekonomi, dan Provinsi Riau menjadi epicentrum Sumatera," Koentjoro.

Lebih lanjut Koentjoro menjelaskan, jalan tol yang ditargetkan selesai dan dioperasikan pada akhir tahun 2024 ini juga dapat meningkatkan arus pelayanan distribusi barang dan jasa dari arah Sumatera Barat menuju ke Riau.

"Selain itu, keberadaan tol ini juga dapat mengurai kemacetan dalam Kota Pekanbaru karena kendaraan logistik dari arah Sumatera Barat menuju Sumatera Utara sudah dapat langsung toll to toll, serta memudahkan konektivitas ke berbagai tempat pariwisata, salah satunya seperti Candi Muara Takus," tukasnya.

Untuk diketahui, Hutama Karya telah mengoperasikan dua ruas JTTS di Provinsi Riau, yakni Jalan Tol Ruas Pekanbaru- Bangkinang (31 Km) dengan Data Lalu Lintas Harian (LHR) pada bulan Juli lalu mencapai 5.477 kendaraan, dan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Dumai (151 km) dengan Data LHR di bulan yang sama mencapai 17.917 kendaraan.

Dari trafik yang cukup signifikan ini, jika nantinya terkoneksi dengan Tol Lingkar Pekanbaru akan semakin meningkat lagi. Pertumbuhan ekonomi yang impresif di wilayah Sumatera akan berdampak positif bagi Indonesia.

Berita Lainnya

Index