Mantan Anggota DPRD Pekanbaru Ramai-ramai Pindah Partai di Tahun 2024, Berikut Daftarnya

Mantan Anggota DPRD Pekanbaru Ramai-ramai Pindah Partai di Tahun 2024, Berikut Daftarnya

PEKANBARU - Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 seperti menjadi partai pembalasan bagi mantan anggota DPRD Kota Pekanbaru yang pernah terpilih di tahun 2009 dan 2014, namun gagal duduk untuk periode 2019-2024. Puluhan mantan anggota DPRD Pekanbaru terpilih periode sebelumnya bakal kembali ikut bertarung di tahun 2024 meskipun dengan perahu yang berbeda.

Meski ada yang setia dengan satu partai hingga sekarang, tapi tidak sedikit yang memutuskan untuk hijrah dan bergabung dengan partai baru untuk mengarungi pesta demokrasi lima tahunan itu.

Dikutip dari CAKAPLAH.COM, setidaknya ada tiga nama mantan Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru yang sempat terpilih di tahun 2009 dan 2014 yang kembali turun gelanggang di Pileg 2024, diantaranya Dian Sukheri (Partai Keadilan Sejahtera), Sondia Warman (Partai Amanat Nasional) dan Jhon Romi Sinaga (Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia).

Dua nama terakhir akhirnya memutuskan pindah partai yakni Sondia Warman ke Golongan Karya (Golkar) tahun 2019 dan sekarang bergabung dengan perahu Partai NasDem. Sebelum di Golkar, Sondia Warman merupakan anggota DPRD Pekanbaru dari Partai PAN. Sementara Jhon Romi Sinaga saat ini berlabuh ke Partai Hanura.

Tidak hanya 3 politisi tadi yang memutuskan untuk kembali turun ke gelanggang, para politisi yang ikut terdaftar dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Pileg 2024 diantaranya Desi Susanti (Demokrat), Roni Amriel (Golkar), Herman Nasri (Golkar), Zulfan Hafiz (NasDem), Darnil (Hanura), Maspendri (Demokrat), Fathullah (Demokrat), Zaidir Albaiza (Demokrat), Kamaruzaman (Perindo), Ferry Sandra Pardede (Partai Perindo), Alizar (PPP), Zaid Zohrin (Golkar), H Muhammad Dadang Antoni (Golkar), Dasman Efendi (PAN).

Dari nama-nama yang telah terdaftar di DCS, menariknya ada nama Caleg yang memutuskan untuk pindah partai dan kembali ke partai dulunya seperti Zulfan Hafiz yang dulu sempat dicopot sebagai Ketua NasDem Pekanbaru, namun saat ini kembali ke partai besutan Surya Paloh, Nasdem.

Selain itu ada Maspendri yang dulu sempat bergabung dengan PAN dan Golkar, kini yang bersangkutan pindah ke Partai Demokrat.

Sama seperti Maspendri yang putuskan pindah partai di tahun 2024, nama lain yang berlabuh ke Partai baru diantaranya Fathullah dari Gerindra ke Demokrat, Zaidir Albaiza dari PKB ke Demokrat, Yurni dari PAN ke Golkar, Kamaruzzaman dari Demokrat ke Perindo, Tarmizi Ahmad dari NasDem ke PPP, Alizar dari PAN ke PPP dan Ferry Shandra Pardede dari Hanura ke Perindo.

Berita Lainnya

Index