Job Fair 2023 di Pelalawan, 17 Perusahaan Sediakan 732 Lowongan Kerja

Job Fair 2023 di Pelalawan, 17 Perusahaan Sediakan 732 Lowongan Kerja
Bupati Pelalawan, H Zukri berikan penghargaan kepada perusahaan yang berkolaborasi pada Pelalawan Job Fair 2023, Kamis (24/8/2023).

PELALAWAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan menggelar Job Fair 2023 di Halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pelalawan, areal perkantoran Bhakti Praja, Pangkalan Kerinci, Kamis (24/8/2023).

Kepala Disnaker Kabupaten Pelalawan, Tengku Amri Fuad menyebut, Job Fair 2023 tersebut diikuti oleh 17 perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Pelalawan.

"Ada sekitar 732 lowongan kerja yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan peserta. Kegiatan digelar selama satu hari," sebutnya.

Bahkan Amri menyebut, job fair atau bursa kerja yang digelar untuk kedua kalinya di Kabupaten Pelalawan ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Sebagai perbandingan, tahun 2022 lalu job fair menyediakan 589 lowongan kerja dari 12 perusahaan. Tahun 2023  terjadi peningkatan, ada 17 perusahaan dan tersedia 732 lowongan kerja. Artinya ada terjadi peningkatan," paparnya.

Bupati Pelalawan, H Zukri memberikan apresiasi kepada perusahaan yang sudah berkolaborasi dengan Pemkab Pelalawan, membuka peluang pekerjaan bagi para pencari kerja melalui Pelalawan Job Fair 2023.

"Tentu apresiasi kita sampaikan kepada perusahaan yang berkolaborasi dengan pemerintah menyampaikan lowongan kerja di perusahaannya masing-masing," tuturnya.

Namun begitu, ia menegaskan kedepannya tidak ada lagi perusahaan di Kabupaten Pelalawan yang secara diam-diam melakukan perekrutan tenaga kerjanya.

"Saya tekankan kepada perusahaan, kedepannya tidak boleh lagi menerima karyawan sendiri-sendiri. Sembunyi-sembunyi tidak boleh. Kalau ditemukan pasti akan diberikan sanksi," tegasnya.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi dan investasi Kabupaten Pelalawan terbaik di Provinsi Riau. Namun pada tahun 2023 ini ada terjadi kenaikan angka pengangguran dari 2,4 persen menjadi 2,7 persen.

"Meski kenaikan beberapa persen, ada anomali dengan investasi yang ada. Maka kepada perusahaan saya tekankan, kalau angka pengangguran naik, artinya perusahaan tidak memberikan ruang kepada anak-anak daerah Pelalawan untuk bisa bekerja di perusahaan. Kalau itu terjadi berarti tidak sejalan dengan harapkan pemerintah," tandas politisi PDIP itu.

Salah satu perusahaan yang berkolaborasi dengan Pemkab Pelalawan pada Job Fair 2023 adalah PT Musim Mas. Perusahaan perkebunan kelapa sawit ini membuka 45 lowongan pekerjaan.

"Pada kegiatan Pelalawan Job Fair 2023 ini, kita melakukan perekrutan tenaga kerja untuk sekitar 45 orang, di bidang perkebunan. Untuk Musim Mas group kita juga ikuut job fair di beberapa universitas, seperti di Pulau Jawa, Padang dan Medan," papar Manager Humas PT Musim Mas, Malinton Purba. ***
 

Berita Lainnya

Index