Taja Seminar di SMKN 1 Pangkalan Lesung, Mahasiswa KKN UMRI Gandeng Berbagai Instansi Jadi Narasumber

Taja Seminar di SMKN 1 Pangkalan Lesung, Mahasiswa KKN UMRI Gandeng Berbagai Instansi Jadi Narasumber
Foto: Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) tahun 2023 di Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan menggelar seminar di Sekolah Menengah Kejuaraan Negeri (SMKN) 1 Pangkalan Lesung pada Kamis 24 Agustus lalu

PELALAWAN- Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) tahun 2023 di Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan menggelar beberapa program kegiatan.

Satu diantaranya yakni seminar yang ditaja di Sekolah Menengah Kejuaraan Negeri (SMKN) 1 Pangkalan Lesung pada Kamis 24 Agustus lalu. Adapun tema seminar yang digelar mahasiswa KKN Smart UMRI ini difokuskan ke tiga topik yakni edukasi anti narkoba, kenakalan remaja, dan stop bullying. Seminar ini menyasar siswa-siswi SMKN 1 Pangkalan Lesung yang rentan terhadap topik yang diseminarkan.

"Peserta sebanyak 97 orang yang merupakan pelajar SMKN 1 Pangkalan Lesung. Kami menilai ini sangat penting bagi mereka, karena rentan terpengaruh lingkungan," ungkap Ketua Kelompok 39 KKN Smart UMRI 2023, Muhammad Ilham Bintang kepada media ini, Kamis (31/8/2023).

Dalam pelaksanaan seminar ini, kelompok mahasiswa KKN UMRI menggandeng sejumlah instansi sebagai narasumber. Antara lain Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pelalawan, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pangkalan Lesung, dan Polsek Pangkalan Lesung. Adapun tujuan seminar ini agar para remaja maupun pelajar mendapatkan edukasi serta informasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba dan bullying. Serta bagaimana pencegahannya kepada keluarga, teman, dan lingkungan masyarakat yang ada disekitarnya.

Narasumber dari BNNK Pelalawan, Khairul Permana Putra menyampaikan data ada peningkatan penyalahgunaan narkoba secara umum di Indonesia. Hal ini akan berdampak negatif terhadap kelangsungan pembangunan nasional. Selain itu, dampak narkoba terhadap penggunanya sendiri sangat buruk, baik dari segi kesehatan fisik dan psikologis.

Demikian juga dengan bullying dan kenakalan remaja yang dampaknya tidak baik terhadap perkembangan anak yang jadi korban, secara psikis ataupun mental. Materi ini disampaikan perwakilan dari Polsek dan Puskesmas Pangkalan Lesung. Para peserta tampak serius mendengarkan pemaparan dari setiap narasumber untuk masing-masing topik pembahasan.

"Kami berharap melalui seminar ini, para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa memahami dan menghindari hal-hal yang buruk ini," tutur Ilham Bintang.
 

Berita Lainnya

Index