VPN Lambat, Ini Penyebabnya

VPN Lambat, Ini Penyebabnya

CELOTEHRIAU.COM - Penggunaan VPN sebagai alternatif sulitnya koneksi media sosial di Indonesia mulai dikeluhkan karena lambat. Pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya mengungkapkan ada beberapa penyebab VPN melambat.

"VPN bisa diperlambat oleh pemerintah. Mudah, seperti permainan kucing dan tikus," ujar Alfons.

Alfons memaparkan terkait kemungkinan proxy VPN yang diblokir. Jika biasanya VPN menggunakan beberapa port, ini ada potensi beberapa diblokir dan membuat lambat.

Dia pun menjelaskan beberapa potensi lain yang menyebabkan VPN melambat.

"VPN melambat itu cukup simple. Kalau server VPN biasanya menghandle 10 user, karena adanya pembatasan lalu semua pengguna menggunakan free VPN. Mendadak 100 orang menggunakan VPN. Maka, otomatis bandwidth terbagi lebih banyak dari biasa dan menyebabkan perlambatan," papar Alfons. 

Dia menegaskan penyebab utama karena melonjaknya pengguna. Jarak server yang lebih jauh tidak menyebabkan perlambatan. 

"Bisa saja jarak dekat tapi server perantara lebih banyak jadi akan lebih lambat dari yang server jarak jauh tapi perantaranya sedikit," ungkap Alfons.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan pembatasan media sosial ini dilakukan bertahap pada sebagian platfor, 

Pembatasan unggah dan unduh foto dan video ini dilakukan untuk memperlambat penyebaran hoaks dari foto dan video. Sebab, penyebaran hoaks lewat foto dan video dianggap sangat cepat memengaruhi emosi seseorang.

Berita Lainnya

Index