Aidil: Larangan Buang Sampah Sembarangan Harus Diedukasi Sejak Dini

Aidil: Larangan Buang Sampah Sembarangan Harus Diedukasi Sejak Dini

PEKANBARU - Seluruh pihak masyarakat Pekanbaru diminta untuk bersatu padu mulai dari diri sendiri untuk menanamkan kesadaran cinta lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Aidil Amri mengatakan, memang perlu adanya edukasi tentang sampah kepada seluruh siswa mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP untuk menanamkan kesadaran lingkungan kepada anak-anak sekolah agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Kita dukung. Contoh kecilnya sekarang banyak sekolah itu menyediakan tempat sampah tiga jenis yaitu organik, anorganik dan B3. Jadi edukasi ini baik," katanya.

Hal ini untuk memastikan bahwa anak-anak memahami bahwa membuang sampah sembarangan adalah tindakan yang melanggar hukum.

Politisi Demokrat ini juga percaya bahwa edukasi tentang membuang sampah sembarangan sangat efektif untuk menanamkan literasi lingkungan kepada anak-anak sekolah sejak dini.

“Sekarang ini masalah sampah masih amburadul. Pergi naik motor lalu dibuangnya sampah itu di tepi jalan, sehingga edukasi ke anak-anak sekolah ini perlu juga dilakukan agar bagaimana anak itu meneruskan dan bisa mengingatkan orang tuanya tentang masalah sampah,” cakapnya lahi

Aidil Amri juga mengatakan bahwa mengedukasi siswa-siswi sekolah menengah di Pekanbaru tentang pengelolaan sampah di PAUD akan sangat efektif untuk memastikan masalah sampah di Pekanbaru tidak semakin memprihatinkan.

“Kebiasaan untuk jangan membuang sampah sembarangan ini harus didik dari kecil, jadi sebenarnya edukasi itu sangat bagus. Sebab, ada warga ketika sedang makan didalam mobil itu sampahnya langsung dibuang lewat kaca mobil, itu banyak juga yang terjadi,” tukasnya.

Sebelumnya, Pj Walikota Pekanbaru mengatakan bahwa pihaknya meminta agar penanaman nilai cinta lingkungan haris diajarkan sejak anak usia dini.

Berita Lainnya

Index