Meriahkan HUT ke-78

PMI Pekanbaru Gelar Bakti Sosial Hingga Lomba PMR

PMI Pekanbaru Gelar Bakti Sosial Hingga Lomba PMR
Meriahkan HUT ke-78

PEKANBARU - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru, menggelar berbagai kegiatan seperti bakti sosial, lomba Palang Merah Remaja (PMR) hingga donor darah guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 PMI yang jatuh tanggal 17 September 2023. Untuk bakti sosial, PMI Kota Pekanbaru telah melakukan penyaluran bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir di Kecamatan Sail, Jumat (8/9) kemarin. 

“Penyaluran bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir ini sesuai dengan tema HUT PMI ke-78 "Menolong Sepenuh Hati," kata Ketua PMI Kota Pekanbaru Dr .H .Abdul Jamal, M.Pd, Jumat (15/9). 

Kemudian untuk lomba PMR, sebut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru ini, sesuai jadwal akan digelar besok, Sabtu (16/9). 

"Lomba lintas kota untuk PMR ini akan diikuti oleh 500 peserta dari 52 sekolah tingkat SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama) dan SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) sederajat," ungkap Jamal. 

Selanjutnya di hari H 17 September 2023, lanjut dia, PMI bekerjasama dengan berbagai instansi akan menggelar donor darah massal. Dengan adanya donor darah secara massal, ia berharap bisa memenuhi kebutuhan darah yang mencapai 250 kantong per harinya. 

Mengingat tingginya kebutuhan darah, PMI menghimbau warga untuk sama-sama mengikuti donor darah massal nanti sehingga bisa membantu warga lainnya yang membutuhkan darah. Jika tidak ada pendonor, terang Jamal, tentu pihaknya tak akan bisa memenuhi kebutuhan darah ratusan kantor per hari tersebut. 

"Jadi, ini perlu juga kami sampaikan bawha PMI bukan mencari darah, tapi hanya mengolah darah yang didonorkan warga. Kalau tidak ada pendonor, apa yang mau kami olah," ujarnya. 

"Maka itu, kita terus menghimbau warga supaya mau mendonorkan darah. Karena sekali lagi saya sampaikan, PMI bukan bertugas mencari darah, tapi mengolah darah. Kalau ada yang donor, darahnya kita olah untuk yang membutuhkan," tutupnya.

Berita Lainnya

Index