Sempat Diretas, Website KPID Riau Sudah Bisa Diakses Kembali

Sempat Diretas, Website KPID Riau Sudah Bisa Diakses Kembali

PEKANBARU - Sempat diretas akhir pekan lalu website milik Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Riau kembali pulih setelah ditangani tim Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfotik) Riau. 

Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Riau, Erisman Yahya mengatakan, jika website lembaga pemerintah tersebut sudah selesai diperbaiki oleh tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT). 

"Untuk website kpid.riau.go.id yang sempat diretas orang tak bertanggung jawab sudah pulih kembali, dan bisa diakses kembali sediakala," kata Erisman, Senin (2/10/2023). 

Erisman menyampaikan, website KPID Riau sudah bisa diakses tadi malam. Dimana web tersebut diretas pada, Sabtu (30/9/2023) lalu. 

Atas kondisi itu, lanjut Erisman, pihaknya telah meminta tim CSIRT untuk merespon setiap gangguan atau hack terhadap cyber security pemerintah. 

Sebelumnya website lembaga pemantau penyiaran terssebut diretas, Sabtu (30/9/2023), terlihat tampilan website dengan alamat kpid.riau.go.id tersebut berganti. Tidak ada lagi informasi yang disajikan terkait KPID. Justru pelaku peretasan memasang foto dari tangkapan layar bentrok di Pulau Rempang dengan latar belakang warna hitam.

Selain memasang foto berita dari salah satu website dengan judul "Bentrok di Pulau Rempang, Polisi Amankan 27 Orang", pelaku peretasan juga meninggalkan tulisan, "Bung lihat lah negeri ini, kekacauan di mana mana ketidak adilan merajalela, rakyat banyak yang sengsara, demi mempertahankan tempat tinggalnya"

Di bawah itu juga ada tulisan #SVREMPANG dan #PRAYFORREMPANG dengan warna font merah.

Berita Lainnya

Index