Resmi Diluncurkan Pj Walikota, Aplikasi Sikruda Diharapkan Minimalisir Kerugian Daerah

Resmi Diluncurkan Pj Walikota, Aplikasi Sikruda Diharapkan Minimalisir Kerugian Daerah

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Inspektorat resmi meluncurkan aplikasi Sistem Pengelolaan Data Kerugian Keuangan Daerah (Sikruda), Senin (2/10/2023). 

Acara peluncuran aplikasi yang langsung dilakukan oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun tersebut digelar di Perkantoran Tenayan Raya. 

"Alhamdulillah hari ini kita meluncurkan aplikasi aplikasi Sistem Pengelolaan Data Kerugian Keuangan Daerah atau yang disingkat menjadi Sikruda," ujar Pj Walikota Pekanbaru Muflihun usai launching acara, Senin (2/10/2023).

Ia mengatakan aplikasi ini diluncurkan dalam upaya Pemerintah Kota Pekanbaru mengurangi kerugian daerah. Ia menyebut, saat ini masih ada temuan-temuan di Pemko Pekanbaru.

Untuk itu, orang nomor satu di Pekanbaru tersebut berharap dengan aplikasi itu dapat meminimalisir kerugian daerah akibat temuan-temuan tersebut.

"Aplikasi ini diluncurkan untuk meminimalisir kerugian daerah. Dengan adanya aplikasi ini kita berharap, tentu niat baik kita agar kerugian daerah ini yang setiap hari, setiap minggunya, setiap bulannya, setiap tahunnya terus mengalami penurunan," Cakapnya.

Ia menyebut, Pemko Pekanbaru dalam hal ini tengah mencoba perlahan, mengangsur agar terbebas dari kasus korupsi.

"Artinya, bagaimana pemko ini mencoba pelan-pelan, mengangsur, bisa bebas yang namanya korupsi," ucapnya.

Dalam launching aplikasi tersebut, Pemko Pekanbaru juga memberikan materi kepada kepala OPD, camat terkait bagaimana mengantisipasi terjadinya kerugian daerah. Baik itu dari temuan, maupun bagaimana cara mengembalikan uang negara.

"Kita juga memberikan materi kepada OPD, mengedukasi, sosialisasi, bagaimana caranya mengembalikan uang negara. Hari ini pemko ingin bagaimana bisa mengurangi temuan yang lama dan bisa mengurangi temuan yang akan datang," sebutnya.

Berita Lainnya

Index