Atalanta Cetak Sejarah, Inter Pastikan Empoli Terdegradasi

Atalanta Cetak Sejarah, Inter Pastikan Empoli Terdegradasi

CELOTEHRIAU.COM - Meski sempat unggul melalui gol Keita Balde, Inter Milan dibombardir oleh para pemain Empoli. Namun, kokohnya penjagaan dari Handanovic membuat Inter dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan karena menang dramatis 2-1 pada pekan 38 yang digelar di Giuseppe Meazza, Senin (27/5/2019).

Kemenangan Inter dipastikan Radja Nainggolan pada menit ke-81, meskipun tuan rumah membuka keunggulan berkat Keita Balde pada menit ke-51. Empoli sempat menyamakan skor lewat Hamed Junior Traore pada menit ke-76.

Tambahan tiga poin mempertahankan La Beneamata di posisi keempat klasemen dengan 69 poin, kalah head-to-head dengan Atalanta di posisi ketiga yang juga melaju ke Liga Champions.

Kekalahan ini membuat Empoli harus turun ke Serie B musim depan setelah finis posisi ke-18 dengan 38 poin. Poinnya sama dengan Genoa tapi kalah head-to-head.

Sementara itu, ditempat lainnya Atalanta akhirnya mengukir sejarah baru. Untuk kali pertama, Atakanta lolos ke Liga Champions usai mengalahkan Sassuolo 3-1 pada laga pekan terakhir Serie A musim 2018/2019 di Stadion MAPEI, Senin (27/5) dini hari WIB.

Atalanta belum pernah lolos ke Liga Champions sejak berdiri pada 1907. Artinya, setelah 112, Atalanta akhirnya bisa tampil di kompetisi kasta tertinggi antarklub Eropa tersebut. Sebelumnya, Nerazzurri hanya pernah tampil di Liga Europa saat masih bernama Piala UEFA dan juga Piala Winners.

Dengan posisi di peringkat tiga klasemen sebelum laga, Atalanta dapat menentukan nasibnya sendiri. Asalkan memetik kemenangan, Atalanta akan lolos tanpa mempedulikan hasil laga Inter dan Milan.

Atalanta sempat dibuat panik karena harus tertinggal lebih dulu oleh tim tamu pada menit 19. Domenico Berardi mampu membuat tuan rumah terdiam, saat tendangan kaki kanannya dari tengah kotak penalti meluncur di sudut kiri  gawang Atalanta.

Namun, Atalanta membuktikan tekad kuat mereka, setelah Duvan Zapata mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-35. Atalanta makin diuntungkan ketika Berardi diberikan kartu merah jelang babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tuan rumah langsung tancap gas.  Terbukti, mereka akhirnya berbalik unggul, setelah Alejandro Gomez mencetak gol dengan tendangan kerasnya dari sisi kanan. Skor pun berubah menjadi 2-1. Unggul jumlah pemain benar-benar dimanfaatkan oleh Atalanta. Mereka akhirnya mencetak gol ketiga melalui sundulan Mario Pasalic pada menit ke-65.

Unggul dua gol dan jumlah pemain membuat Atalanta bermain nyaman dan hanya mempertahankan keunggulan. Hasil ini membuat Atalanta finis di peringkat ketiga. Mereka berhasil lolos dari ancaman dua klub asal Milan, yang siap menyalip jika Atalanta imbang atau kalah. 

Berita Lainnya

Index