Syamsuar Ngaku masih Fokus Nyaleg, Belum Mau Jawab Soal Pilgubri

Syamsuar Ngaku masih Fokus Nyaleg, Belum Mau Jawab Soal Pilgubri

PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar akhirnya benar - benar maju pada Pileg 2024 setelah diumumkan usulan pengunduran dirinya diterima oleh DPRD Riau

Meski berada "di atas angin" dengan notabene sebagai Ketua DPD I Golkar Riau dan Gubernur Riau, Syamsuar enggan sesumbar untuk dapat meraih kursi.

Ia mengaku hanya akan berikhtiar untuk menjadi Caleg DPR RI, terpilih atau tidak urusan Tuhan.

"Tak bisa optimis, karena Allah taalla yang menentukan, selagi kita ber-Tuhan, Allah taalla yang menentukan," kata Syamsuar sembari mengatakan bahwa dirinya hanya berikhtiar.

Terkait apakah dirinya akan kembali maju Pilgubri 2024 seandainya berhasil duduk menjadi anggota DPR RI, Syamsuar enggan menjawab.

"Panjang lagi itu," tukasnya.

Sebelumnya, pengunduran diri Syamsuar dari jabatan Gubernur Riau diumumkan dalam Rapat Paripurna DPRD Riau, Kamis (5/10/2023). Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Riau Yulisman.

"Sesuai mekanisme, kita umumkan. Selanjutnya diserahkan ke Kemendagri untuk diproses," kata Yulisman.

Yulisman meminta, pasca mengundurkan diri Syamsuar ini, aparatur sipil negara (ASN) terus bekerja sesuai visi dan misi kepala daerah.

"Tetap bekerja sesuai visi misi kepala daerah," kata Yulisman.

Majunya Syamsuar tak lain adalah ambisi Golkar untuk meraih lebih dari dua kursi di DPR RI Dapil Riau 2, dimana sebelumnya di 2019 Golkar hanya meraih 2 kursi dengan rincian 1 kursi di masing-masing dapil.

Wakil Ketua DPD I Golkar Riau, Ikhsan mengatakan, bahwa memang strategi majunya Syamsuar ke DPR RI ini tidak lain untuk meningkatkan suara Golkar di Riau dalam meraih kursi maksimal.

"Ini merupakan arahan dari DPP, agar Pak Syamsuar tetap dimajukan ke Senayan. Kita targetkan dua kursi di Dapil Riau I dan dua kursi di Dapil Riau II, dengan komposisi yang ada ini DPP yakin bisa tercapai," kata Ikhsan.

Di Riau I sendiri Syamsuar akan berebut kursi dengan mantan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang saat ini sebagai petahana di DPR RI dapil Riau I.

Kemudian ada juga nama lain seperti Karmila Sari, Teddy Ramos Sianturi, Sudirman Almun, dan Panel Barus, serta lainnya.

Sementara, di Riau dua ada nama nama beken juga seperti Bupati Inhil Wardan, mantan Bupati Pelalawan HM Harris, sampai Ketua DPRD Riau, Yulisman.

Untuk diketahui, Golkar pada 2019 menempatkan 2 kursi DPR RI Dapil Riau, yakni Andi Rachman di Riau 1, dan Idris Laena di Riau 2.

Berita Lainnya

Index