24.422 Orang di Pekanbaru Kena ISPA

24.422 Orang di Pekanbaru Kena ISPA
Ilustrasi

PEKANBARU - Puluhan ribu warga Pekanbaru terkena penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, sepanjang bulan Januari hingga September tahun 2023 ada 24.422 orang Pekanbaru yang kena penyakit ISPA.

Jumlah tersebut terbagi dalam ISPA non Pneumonia dan ISPA Pneumonia.

ISPA non-pneumonia umumnya dikenal masyarakat dengan istilah batuk-pilek. Apabila batuk-pilek disertai dengan gejala lain, seperti kesukaran bernapas dan peningkatan frekuensi napas, maka termasuk ISPA pneumonia.

"Secara total itu ada 24.422 orang. Ini terdiri dari Pneumonia dan Non Pneumonia ya. Untuk Pneumonia itu ada 609 orang dan pneumonia ada 23.813 orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Selasa (10/10/2023).

Ia mengatakan jumlah tersebut terbagi dalam empat kategori umur yakni usia 0-5 tahun sebanyak 5.494 kasus, anak usia 5-9 tahun sebanyak 3.671 kasus.

"Selanjutnya untuk kategori umur 9-60 tahun sebanyak 12.707 dan usia di atas 60 tahun itu sebanyak 2.551 kasus. Sehingga totalnya ada 24.422 kasus," sebutnya.

Namun data ini dikatakan Zaini, baru sampai bulan September saja. Untuk bulan Oktober pihaknya masih melakukan pendataan.

"Untuk bulan Oktober masih direkap, belum semua Puskesmas yang mengirim atau melaporkan datanya. Hasil sementara belum ada kenaikan signifikan," jelasnya.

Lebih lanjutnya Zaini menyampaikan beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat agar tetap sehat dan fit di masa kabut asap seperti sekarang ini.

"Yang pertama adalah apabila melakukan aktivitas di luar rumah hendaknya menggunakan masker standar. Kemudian juga mengurangi aktivitas di luar rumah, kalau tidak perlu apalagi asap lagi tinggi, sebaiknya di dalam ruangan saja," sebutnya.

Kemudian tips selanjutnya adalah hendaknya masyarakat mengkonsumsi makanan bergizi seimbang serta cukup air putih.

"Dan yang terakhir adalah jangan lupa aktivitas gerak badan. Olahraga setiap hari agar badan kita selalu sehat," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index