787 Titik Panas Kepung Sumatera

787 Titik Panas Kepung Sumatera

PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya ratusan titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera.

"Hari ini ratusan titik panas terpantau di Pulau Sumatera. Jumlahnya mencapai 787 titik," ujar Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna, Kamis (12/11/2023).

Ia mengatakan jumlah tersebut tersebar di 8 Provinsi dengan sebaran terbanyak yakni Sumatera Selatan sebanyak 401 titik. 

"Selanjutnya di Lampung 183 titik, Bangka Belitung 85 titik, Jambi 59 titik, Riau 47 titik, Sumatera Barat dan Bengkulu sebanyak 5 titik dan Sumatera Utara sebanyak 2 titik," ucapnya.

Untuk di Provinsi Riau, 47 titik panas tersebar di enam wilayah. Adapun terbanyak itu di Indragiri Hulu sebanyak 37 titik, Indragiri Hilir 3 titik. Kemudian Bengkalis, Kuantan Singingi dan Pelawan masing-masing 2 titik serta Siak 1 titik. 

Ia mengatakan dari jumlah tersebut semuanya berada di level rendah dan sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan. 

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan Udara 56 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Berita Lainnya

Index