759 Peserta Daftar MTQ XLI Provinsi Riau di Inhu

759 Peserta Daftar MTQ XLI Provinsi Riau di Inhu

PEKANBARU - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XLI Tingkat Provinsi Riau tahun 2023 dilaksanakan di Rengat, Indragiri Hulu (Inhu) pada Sabtu (11/11/2023).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Mahyudin mengatakan, saat ini seluruh peserta dari 12 kabupaten sudah mendaftar. Dimana jumlah peserta yang mendaftar MTQ XLI sebanyak 762 orang.

"Tapi setelah melalui tahapan seleksi, verifikasi dan masa sanggah tersisa 759 peserta yang dinyatakan lulus seleksi dan dapat mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Riau di Rengat. Dengan rincian 758 orang peserta inti dan 1 orang peserta cadangan," kata Mahyudin, Jumat (20/10/2023).

Dia menjelaskan, sebanyak 759 peserta tersebut terdiri dari Kabupaten Kampar sebanyak 67 orang, Bengkalis sebanyak 55 orang, Indragiri Hulu sebanyak 69 orang, Indragiri Hilir sebanyak 66 orang, Pelalawan sebanyak 65 orang.

Kemudian dari Kabupaten Rokan Hilir sebanyak 65 peserta, Siak sebanyak 69 peserta, Kuantan Singingi sebanyak 66 peserta, Kepulauan Meranti sebanyak 41 peserta, Pekanbaru sebanyak 66 peserta dan Dumai sebanyak 66 peserta.

Lebih lanjut Mahyudin mengatakan, peserta yang telah diverifikasi akan melakukan pendaftaran ulang atau faktual pada tanggal 8 sampai 9 November 2023 di Sekretariat MTQ XLI Provinsi Riau.

"Peserta yang telah terdaftar di aplikasi e-MTQ akan melakukan pendaftaran ulang atau faktual dengan membawa berkas asli berupa e-KTP, Kartu Keluarga, Ijazah, Buku Tabungan dan pas foto," terangnya.

Sementara Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Masrul Kasmy mengaku sangat senang dan bangga karena seluruh kabupaten/kota mengikuti Mushabaqah Tilawatil Quran MTQ XLI tingkat Provinsi Riau 2023 tahun 2023 yang nantinya akan berlangsung di Kabupaten Inhu.

"Alhamdulillah, seluruh kabupaten kota telah mendaftarkan perwakilan untuk mengikut MTQ XLI tingkat Provinsi Riau 2023 di Indragiri Hulu," kata Masrul Kasmy, Jumat (20/10/2023).

Karena itu, Mastul mengajak kabupaten/kota se-Provinsi Riau menggemakan MTQ XLI tingkat Provinsi Riau 2023 di daerahnya masing-masing, seperti spanduk, poster dan sebagainya di tempat keramaian supaya seluruh masyarakat tahu MTQ tingkat provinsi dalam waktu dekat dilaksanakan.

"MTQ ini kan tingkat provinsi, jadi seluruh kabupaten/kota kita ajak untuk menggemakan ini seperti di tempat keramaian dan sebagainya supaya masyarakat tahu," ujarnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Inhu yang terpilih sebagai tuan rumah MTQ XLI tingkat Provinsi Riau 2023 telah mempersiapkan segala hal untuk kelancaran acara tersebut. Seperti lokasi perlombaan, teknis penghubung, pemondokan kafilah kabupaten kota dan lain sebagainya.

Pembukaan MTQ XLI tingkat Provinsi Riau akan berlangsung pada Sabtu, 11 November 2023 malam mendatang tepatnya di Astaka MTQ yang telah dipersiapkan oleh panitia penyelenggara, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Inhu.

Berita Lainnya

Index